Perbandingan Harga Mobil Listrik Nissan LEAF di Indonesia dengan Negara Lain

Selasa, 21 Desember 2021 - 17:00 WIB
loading...
Perbandingan Harga Mobil Listrik Nissan LEAF di Indonesia dengan Negara Lain
Harga Nissan Leaf di Indonesia ternyata masuk dalam daftar 10 negara dengan harga termahal di dunia. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Mobil listrik Nissan LEAF merupakan salah satu mobil uyang dijual secara global termasuk di Indonesia. Sejak pertama kali dirilis pada 2010, mobil listrik andalan Nissan itu telah terjual 500.000 unit.

Menariknya harga mobil Nissan LEAF justru bervariasi tergantung dari negara mobil itu dijual. Compare the Market menyebutkan perbedaan harga umumnya dipicu oleh kebijakan mobil listrik yang diterapkan di masing-masing negara.

Ambil contoh di Indonesia, yang memberikan kebebasan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) terhadap mobil listrik. Dengan kebijakan itu harga Nissan LEAF di Indonesia ada di harga Rp649 juta.

Hanya saja harga itu tidak lebih murah dan juga tidak lebih mahal dibanding negara-negara lainnya. Disebutkan Carscoops, negara yang paling murah menjual Nissan LEAF adalah Spanyol.



Perbandingan Harga Mobil Listrik Nissan LEAF di Indonesia dengan Negara Lain


Di Spanyol, Nissan LEAF dijual di harga USD24.408 atau setara Rp347,7 juta. Dengan harga itu Nissan LEAF di Spanyol merupakan yang termurah dibanding negara lain. Hal itu terjadi karena insentif yang diberikan pemerintah Spanyol terhadap mobil listrik memang sangat besar.

Yang paling menarik negara-negara di Asia Tenggara justru merupakan wilayah dimana Nissan LEAF dijual dengan harga yang fantastis. Dalam daftar 10 besar harga Nissan LEAF termahal di dunia sebanyak 4 negara Asia Tenggara ada dalam daftar tersebut.

Keempat negara itu adalah Singapura, Thailand, Filipina dan Indonesia. Singapura justru berada di peringkat pertama negara yang menjual Nissan LEAF dengan harga yang paling mahal yakni USD141.161 atau mencapai Rp2,01 miliar.



Thailand justru ada di posisi ketiga dengan harga USD60.121 atau setara Rp856,4 juta. Posisi Thailand dibuntuti oleh Filipina di posisi kelima yang menjual Nissan LEAF di harga USD55.235 atau sama denga Rp786,8.

Bagaimana dengan Indonesia? Menurut catatan Compare the Market, di Indonesia Nissan LEAF dijual di harga Rp649 juta atau setara USD45.791. Harga itu membuat Indonesia berada di peringkat ketujuh dunia dengan harga Nissan LEAF termahal di dunia.

Selain keempat negara di Asia Tenggara itu, negara-negara lain yang juga sangat mahal menjual Nissan LEAF di antaranya adalah Argentina, Taiwan, Brasil, Meksiko, Selandia Baru dan Kroasia.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)