Penting di Musim Hujan, Begini Cara Perbaiki Wiper Rusak

Kamis, 23 Desember 2021 - 21:35 WIB
loading...
Penting di Musim Hujan, Begini Cara Perbaiki Wiper Rusak
Wiper merupakan salah satu komponen penting mobil yang diperlukan ketika hujan turun. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Wiper merupakan salah satu komponen penting mobil yang diperlukan ketika hujan turun. Karet wiper ini akan membersihkan kaca depan dari air hujan sehingga pandangan pengemudi tidak terganggu.

Namun apa jadinya ketika hujan turun wiper mengalami kerusakan. Tentunya, ini berbahaya karena pandangan pengemudi jadi terganggu dan bisa menyebabkan kecelakaan.

Untuk itu, agar anda tetap aman saat megemudi di musim hujan ada baiknya memeriksakan kondisi wiper mobil Anda. Berikut 5 kerusakan yan sering terjadi pada wiper dan cara mengatasinya:

1. Karet Wiper Keras

Pertama yang perlu diperhatikan adalah kondisi dari karet wiper. Bila telah aus atau mengeras, sebaiknya diganti dengan karet yang lentur.



Selain menyebabkan sapuannya terhadap air di permukaan kaca tak merata, karet yang mengeras juga berpotensi menyebabkan kaca mobil baret. Bila itu terjadi, biaya pemulihannya cukup mahal.

2. Wiper Lambat Bergerak

Kerusakan yang mulai terjadi pada wiper biasanya menimbulkan efek gerak wiper menjadi lambat. Hal itu umumnya disebabkan karena terdapat karat pada engkol wiper sehingga menjadi seret dan membuat daya sapunya juga lambat.

Cara mengatasinya dengan membongkar dan membersihkan karat dan korosi menggunakan cairan kimia anti karat. Jika karat tersebut sudah parah maka Anda bisa lakukan pengelasan ataupun menggantinya dengan yang baru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1349 seconds (0.1#10.140)