Begini Cara Perlakukan Mobil Biar Warna Cat Tidak Cepat Pudar

Selasa, 04 Januari 2022 - 11:56 WIB
loading...
Begini Cara Perlakukan Mobil Biar Warna Cat Tidak Cepat Pudar
Tampilan luar kendaraan memang menjadi hal utama ketika Anda memiliki mobil kesayangan. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Tampilan luar kendaraan memang menjadi hal utama ketika Anda memiliki mobil kesayangan. Melihat mobil tergores sedikit saja, Anda rela mengeluarkan uang ekstra untuk mengembalikan warna mobil kembali seperti semula.

Tak sedikit pemilik kendaraan menjadwalkan mobilnya untuk masuk salon demi warna terlihat lebih bagus seperti baru. Tentunya biaya yang dikeluarkan juga cukup lumayan.



Untuk membuat warna mobil Anda awet dan terlihat seperti baru terus, ada cara yang lebih mudah dan murah. Berikut beberapa cara merawat cat mobil yang perlu kamu ketahui :

1. Jangan Parkir Mobil di Lapangan

Cara pertama adalah dengan tidak memarkirkan mobil di tanah lapang yang terlalu panas. Parkirlah mobil di tempat yang memiliki naungan atau setidaknya di bawah pohon.



Karena terpaan sinar matahari langsung dan terus menerus bisa mengakibatkan lapisan cat mobil terlihat kusam dan memudar.

Selain itu, sinar ultraviolet pada sinar matahari dapat mengubah komposisi lapisan warna cat mobil.

2. Gunakan Sampho Khusus

Cara merawat cat mobil selanjutnya yaitu dengan menggunakan sampho pembersih khusus mobil ketika mencuci bodi mobil.

Kebanyakan orang mencuci mobil dengan menggunakan sabun apa saja, seperti deterjen, sabun colek, atau sabun mandi. Hal tersebut sangat tidak disarankan, karena bisa membuat warna cat mobil menjadi mudah pudar.

Selain itu, jangan terlalu sering mencuci mobil karena ini juga bisa memengaruhi cat mobil. Disarankan minimal seminggu sekali mencuci mobil pada di musim kemarau dan dua kali seminggu pada musim hujan.

3. Bersihkan Bodi dengan Kain Halus

Selain rutin mencuci mobil dengan sampho khusus mobil, Anda juga harus merawatnya dengan menggunakan kain halus atau kain khusus atau fiber.



Sering kali kita temukan orang yang menggunakan kain apa saja untuk membersihkan mobil. Padahal, hal itu tidak dianjurkan karena bisa menyebabkan baret halus dan merusak tampilan cat.

4. Gunakan Wax untuk Rawat Cat Mobil

Selanjutnya gunakan obat poles atau wax yang diperuntukkan untuk cat mobil untuk mengembalikan warna yang kusam dan pudar.

Wax ini bekerja seperti melapisi cat mobil kamu agar mengilap tanpa mengikis cat mobil itu sendiri. Wax ini lebih aman, karena sifatnya seperti lilin sehingga tidak merusak lapisan cat mobil aslinya.



5. Gunakan Penutup Mobil

Ketika mobil sedang tidak digunakan sebaiknya pakai sarung untuk perlindungan. Selain untuk melindungi mobil dari debu, panas, dan hujan, sarung ini juga untuk melindungi dari getah pohon jika diparkir di bawah pohon.

Sarung mobil juga bisa melindungi kendaraan Anda dari benda-benda sekitar yang bisa meninggalkan goresan halus seperti kerikil atau tangan iseng anak-anak.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)