Aston Martin Hadirkan SUV Terkuat di Dunia, Tenaga Capai 697 Daya Kuda

Rabu, 02 Februari 2022 - 05:15 WIB
loading...
Aston Martin Hadirkan SUV Terkuat di Dunia, Tenaga Capai 697 Daya Kuda
Aston Martin DBX707 akan dijual di harga Rp3,3 miliar. Lebih mahal Rp787,3 juta dibanding Aston Martin DBX. Foto/Aston Martin.
A A A
INGGRIS - Aston Martin akhirnya merilis resmi Aston Martin DBX707. Mobil SUV itu diyakini sebagai SUV terkuat di dunia dengan tenaga 697 daya kuda.

Tenaga sebesar itu melampaui SUV-SUV lain yang pernah mengklaim sebagai yang terkuat seperti Bentley Bentayga, Lamborghini Urus dan Porsche Cayenne Turbo S E-Hybrid.

Jika dibandingkan dengan Bentley Bentayga, maka tenaga Aston Martin DBX707 lebih besar 71 daya kuda. Begitu juga dengan Lamborghini Urus yang memiliki tenaga 641 daya kuda dan Porsche Cayenne Turbo S E-Hybrid di 670 daya kuda.

Bagaimana dengan Aston Martin DBX? Jika dibandingkan dengan saudaranya sendiri, Aston Martin DBX707 justru lebih kuat 155 daya kuda. Jadi lonjakan tenaga SUV baru Aston Martin itu memang sangat luar biasa.



Aston Martin Hadirkan SUV Terkuat di Dunia, Tenaga Capai 697 Daya Kuda


Untuk menghasilkan tenaga sebesar itu Aston Martin seperti biasa menggunakan mesin buatan Mercedes-Benz. Mesin yang dipakai adalah mesin V8 turbo ganda yang ada di Mercedes-AMG GT 63 S. Bedanya Aston Martin sedikit melakukan rekayasa pada sistem turbo ganda. Alhasil mesin buatan Jerman itu bisa mencapai tenaga 697 daya kuda.

Tidak hanya jadi SUV terkuat di dunia, Aston Martin DBX707 diklaim jadi yang paling dinamis. Perusahaan mobil yang berbasis di Gaydon, Inggris itu melakukan beberapa sentuhan mekanis yang berpengaruh besar pada dinamika mobil.

Misalnya memasang penyangga silang di antara dudukan atas shock depan. Platform mobil juga kini dibuat lebih tebal 0,16 inci dibanding Aston Martin DBX. Alhasil mobil kini dibuat lebih kaku sehingga gejala body roll berkurang. Sistem elektronis anti bodyroll juga berpengaruh besar menurunkan gejala limbung sebesar 50 persen.



Aston Martin Hadirkan SUV Terkuat di Dunia, Tenaga Capai 697 Daya Kuda


Untuk mengendalikan tenaga sebesar 697 daya kuda, Aston Martin melengkapi mobil itu dengan rem karbon keramik dengan kaliper enam piston. Ukuran rem juga sangat besar yakni cakram 16,5 inci di depan dan cakram 15,4 inci di belakang.

Perubahan spesisifikasi teknis juga diikuti di bagian interior. Aston Martin DBX707 dilengkapi dengan jok mobil racing sebagai standar. Panel instrumen juga diganti yang kini lebih berorientasi pada performa.

CEO Aston Martin Tobias Moers mengatakan SUV itu akan disiapkan untuk bertarung mengelilingi sirkuit Nurburgring di Jerman. Saat ini gelar SUV terkencang mengelilingi sirkuit itu dipegang oleh Porsche Cayenne Turbo GT. Dia yakin mobil buatan mereka akan mampu mencuri gelar itu dalam waktu dekat.

Saat ini Aston Martin DBX707 sedang masuk dalam proses produksi. Mobil itu rencananya akan dijual di harga USD235.086 atau mencapai Rp3,3 miliar. Harga itu lebih mahal USD55.100 atau sekitar Rp787,3 juta dibanding Aston Martin DBX.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2067 seconds (0.1#10.140)