Pertahankan Teknologi Lama, Alasan Toyota Minta Bantuan Yamaha

Minggu, 20 Februari 2022 - 20:45 WIB
loading...
Pertahankan Teknologi Lama, Alasan Toyota Minta Bantuan Yamaha
Mobil legendaris hasil koloborasi Toyota dan Yamaha. FOTO. IST
A A A
TOKYO - Toyota meminta Yamaha untuk mengembangkan mesin V8 regular aspiration (NA) yang menggunakan bahan bakar hidrogen. Langkah ini diambil karena Toyora tak hanya fokus pengembangan mesin bertenaga listrik saja.

Seperti dilansir dari Rideapart, pengumuman itu muncul setelah Toyota, Mazda, Subaru dan Kawasaki siap bekerja sama dalam upaya memperpanjang umur teknologi mesin pembakaran internal, sekaligus memenuhi standar emisi.

Mesinnya tidak sepenuhnya baru. Sebagai gantinya, mesin berkapasitas 5.0 liter dibangun berdasarkan mesin yang digunakan pada coupe Lexus RC F. Namun dimodifikasi dari segi injektor bahan bakar, kepala, intake manifold serta komponen lainnya.

Yamaha menyebut mesin V8 mampu menghasilkan tenaga hingga 444hp pada 6.800rpm dan torsi 540Nm pada 3.600rpm. Angka tersebut sebenarnya sedikit kurang bertenaga dibandingkan mesin tradisional dengan 472hp dan torsi 536Nm yang dipasang pada model RC F Track Edition.

Toyota dan yamaha telah bekerjasama sejak 1974, untuk berkolaborasi membuat mobil bernama Yamahauler. Mobil pikap yang diproduksi Toyota tersebut dirancang peruntukannya sebagai mobil towing untuk mengangkut sepeda motor.

Tak sampai disitu, produsen Yamaha ternyat pernah memasok mesin yang digunakan oleh Toyota. Seperti dilansir Rideapart, beberapa model mobil yang cukup legendaris bahkan menggunakan mesin hasil pengembangan dari produsen Yamaha, seperti Cellica, MR2 dan 2000GT klasik.

Seperti dilansir dari Ridepart, Yamaha telah merancang dan memasok mesin untuk beberapa mobil Toyota selama bertahun-tahun, dari Celica, MR2 dan 2000GT klasik.

Toyota 2000GT merupakan salah satu model mobil sport yang menggunakan mesin hasil kolaborasi antara Toyota dan Yamaha. Kerjasama tersebut juga berlanjut pada kolaborasi pengembangan mesin 4A-GE yang digunakan pada model Toyota Sprinter Trueno AE86.

Kesuksesan mesin hasil kolaborasi Toyota dan Yamaha tersebut, mendapat predikat yang cukup baik. Keunggulan bobot mesin ringan dan menghasilkan tenaga yang besar, membuat mesin 4A-GE banyak diburu oleh penggemar mobil.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3108 seconds (0.1#10.140)