Ini 5 Tanjakan yang Bikin Pengemudi Mobil Indonesia Deg-degan, Berani Coba?

Minggu, 27 Februari 2022 - 07:36 WIB
loading...
Ini 5 Tanjakan yang Bikin Pengemudi Mobil Indonesia Deg-degan, Berani Coba?
Tanjakan Clongop yang ada di wilayah Gedangsari, Gunung Kidul, Yogyakarta sangat ekstrem. Banyak pengemudi dari Klaten nyasar karena panduan Google Maps jika ingin menuju Gunung Kidul. Foto/SINDONEWScom-Wahyu Sibarani.
A A A
JAKARTA - Indonesia memiliki jalan dengan tanjakan-tanjakan yang bikin pengemudi mobil di Indonesia deg-degan. Bahkan tanjakan-tanjakan itu sebenarnya cukup ekstrem yang tidak hanya menguras kemampuan kendaraan maupun pengemudinya.

Tanjakan-tanjakan yang ekstrem itu memang tidak bisa dihindari. Menurut Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan jalan-jalan di Indonesia sejatinya telah berubah dari kondisi aslinya.

"Dulunya jalan setapak, kemudian menjadi jalan kuda, lalu diperlebar untuk lalu lintas yang tidak terlalu padat," ujar Ahmad Wildan dalam sebuah kesempatan webinar beberapa waktu lalu.



Alhasil kondisi geometrik jalan memang sangat bervariatif. Termasuk adanya tanjakan-tanjakan ekstrem yang bisa menguji nyali. Nah, berikut ini tanjakan-tanjakan di Indonesia yang bikin siapa saja yang melewatinya deg-degan, yuk cermati:

1. Tanjakan Sitinjau Lauik
Ini 5 Tanjakan yang Bikin Pengemudi Mobil Indonesia Deg-degan, Berani Coba?


Tanjakan Sitinjau Lauik bisa jadi adalah tanjakan yang paling popular saat ini. Bahkan ada konten kreator yang fokus merekam berbagai kendaraan yang melewati Sitinjau Lauik.

Posisi tanjakan ini ada di jalur lintas Sumatera rute Kota Padang-Arosuka-Solok. Yang jadi momok di Sitinjau Lauik sebenarnya adalah sebuah tikungan ekstrem yang sangat cekung dan kemudian memiliki sudut 45 derajat.

Kondisi itu tidak memumngkinkan 2 mobil besar berpapasan. Alhasil banyak yang harus bergantian untuk melewati tikungan itu. Sayangnya banyak yang belum hapal dengan tikungan itu dan mengambil sudut yang paling dalam. Alhasil banyak kendaraan yang kehilangan traksi ketika berada di Sitinjau Lauik.

2. Tanjakan Cinomati
Ini 5 Tanjakan yang Bikin Pengemudi Mobil Indonesia Deg-degan, Berani Coba?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2103 seconds (0.1#10.140)