Enak Banget, di Italia Beli Mobil Listrik Dapat Subsidi Rp93 Juta

Selasa, 15 Maret 2022 - 10:10 WIB
loading...
Enak Banget, di Italia Beli Mobil Listrik Dapat Subsidi Rp93 Juta
Populasi mobil listrik di Italia masih kurang dari harapan. Tidak heran jika pemerintah Italia memberikan subsidi besar bagi pembeli mobil listrik. Foto/IST
A A A
ITALIA - Pemerintah Italia berupaya mengajak masyarakatnya membeli mobil listrik dengan cara memberikan dana bantuan atau subsidi sebesar 6.000 Euro atau setara Rp93 juta. Menariknya bantuan itu tidak hanya berlaku untuk mobil listrik tapi juga mobil hibrid. Hanya saja jumlahnya akan berbeda.

Disebutkan Reuters pemberian subsidi itu diyakini mampu menggerakkan masyarakat Italia membeli mobil listrik dan hibrid. Pasalnya saat ini Italia memang tengah berusaha keras mempromosikan emisi nol di wilayah mereka.

Subsidi Rp93 juta itu akan diberikan kepada konsumen yang membeli mobil listrik dengan harga 35.000 Euro ke atas atau sekitar Rp548,1 juta. Jadi nantinya dengan subsidi yang ada harga mobil listrik itu bisa mencapai Rp455 jutaan.



Enak Banget, di Italia Beli Mobil Listrik Dapat Subsidi Rp93 Juta


Untuk mobil hibrid, pemerintah Italia memberikan subsidi sebesar 2.500 Euro atau mencapai Rp39,1 juta. Potongan itu akan diberikan buat mobil-mobil hibrid yang dijual mulai dari 45.000 Euro atau Rp704,7 juta ke atas.

Diketahui Italia saat ini bukan satu-satunya negara yang memberikan insentif berupa subsidi agar adopsi mobil listrik dan mobil hibrid meningkat. Negara-negara lain seperti Norwegia juga memberikan bantuan potongan harga agar populasi mobil listrik meningkat.



Hasilnya tahun lalu Norwegia merupakan negara pertama yang penjualan mobil listriknya melampaui penjualan mobil konvensional. Namun masih ada beberapa negara lain, terutama di Eropa, melakukan cara berbeda.

Inggris, Prancis dan Jerman justru hanya memberikan deadline atau batas waktu bagi mobil-mobil konvensional. Inggris misalnya yang tidak akan lagi menjual mobil-mobil berbahan bakar bensin di 2030.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1347 seconds (0.1#10.140)