Penyitaan Mobil-mobil Mewah Pelaku Kejahatan Kerah Putih yang Hebohkan Indonesia

Rabu, 16 Maret 2022 - 05:45 WIB
loading...
Penyitaan Mobil-mobil Mewah Pelaku Kejahatan Kerah Putih yang Hebohkan Indonesia
Terpidana Tubagus Chaeri Wardana menyerahkan 17 mobil supermewah dan mahal kepada pihak penegak hukum atas tindakan kriminal yang dia lakukan.Foto/DOK. SINDOPHOTO
A A A
JAKARTA - Penyitaan mobil-mobil mewah yang melibatkan tindakan kejahatan kerah putih ternyata pernah beberapa kali menghebohkan Indonesia. Bukan hanya Indra Kenz dan Doni Salmanan .

Hanya saja tindakan dugaan kejahatan yang dilakukan Indra Kenz dan Doni Salmanan jadi pusat perhatian karena pelakunya masih sangat muda. Uniknya lagi keduanya kerap memamerkan atau flexing harta-harta yang mereka dapatkan dari tindakan kejahatan itu.

Jadi tidak heran jika nama Indra Kenz dan Doni Salmanan bikin geger masyarakat belakangan ini. Hanya saja jika diteliti ke belakang, penyitaan kendaraan yang terjadi pada kedua anak muda itu masih kalah jauh dari segi jumlah.



Lalu siapa yang paling banyak mobilnya disita, yuk cermati:

1. Tubagus Chaeri Wardana (Wawan) - 17 Mobil Sport dan Supermewah
Penyitaan Mobil-mobil Mewah Pelaku Kejahatan Kerah Putih yang Hebohkan Indonesia


Terpidana tindakan pencucian uang Tubagus Chaeri Wardana atau yang akrab disapa Wawan merupakan sosok yang paling bikin heboh ketika ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Total ada 17 mobil sport dan supermewah yang disita KPK.

Mobilnya tidak main-main mulai dari Rolls-Royce Ghost, Bentley Continental GT, Lamborghini Aventador, Nissan GT-R, Ferrari California, hingga Lexus LS. Itu yang benar-benar supermahal. Sisanya adalah Toyota Land Cruiser, Toyota Fortuner, Honda Freed, Ford Fiesta, Mitsubishi Outlander, Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Avanza. Untuk motor yang disita adalah Harley-Davidson V-Rod.

Jadi dari segi jumlah dan merek, koleksi Indra Kenz dan Doni Salmana yang disita tidak ada apa-apanya dibanding mobil Tubagus Chaeri Wardana yang telah disita KPK.

2. Terpidana Kasus Jiwasraya - 16 Mobil
Penyitaan Mobil-mobil Mewah Pelaku Kejahatan Kerah Putih yang Hebohkan Indonesia


Lima dari 6 orang terpidana kasus Jiwasraya terpaksa merelakan mobil-mobil koleksi mereka disita. Total ada 16 mobil mewah yang akhirnya dilelang oleh Kejaksaan.

Mobil yang dilelang berasal dari terpidana Heru Hidayat adalah Land Rover seharga Rp806 juta, Lexus RX Rp936 juta, dan 2 Toyota Vellfire.

Sementara empat mobil dari terpidana Benny Tjokrosaputro Land Rover Rp2 miliar, SUV buatan Audi Rp962 juta, Toyota Alphard Rp829 juta, dan Mercedes Benz S500 Rp1 miliar.

Selanjutnya, tiga kendaraan yang disita dari terpidana Hendrisman Rahim adalah Toyota Alphard Rp600 juta, Mercedes Benz E300 Rp285 juta, dan motor Harley Davidson Rp361 juta. Ada pula mobil disita berasal dari Harry Prasetyo, yakni Mercedes Benz E300 Rp626 juta dan Toyota Alphard Rp697 juta. Sartono melanjutkan, dua mobil dari Syahmirwan, yakni Honda CRV Rp167 juta dan Toyota Kijang Innova Rp253 juta. Dan, yang dari terpidana Joko Hartono Tirto yaitu Toyota Kijang Innova Rp259 juta.

3. Doni Salmanan - 5 Mobil Mewah dan 11 Motor
Penyitaan Mobil-mobil Mewah Pelaku Kejahatan Kerah Putih yang Hebohkan Indonesia


Doni Salmanan atau yang kerap dijuluki Crazy Rich Soreang ternyata tengah bermasalah dengan dugaan kriminalitas penipuan investasi. Pihak kepolisian saat ini sudah menahan Doni Salmanan dan menyita seluruh hartanya mulai dari rumah dan kendaraan.

Menariknya ada 4 mobil mewah yang disita yakni Porsche 911 Carrera 4S, Lamborghini Huracan, Toyota Fortuner, dan dua Honda CR-V. Yang paling banyak adalah motor yang sebagian adalah Kawasaki Ninja H2, Kawasaki Ninja ZX2R, Ducati Superlegera, KTM, MSI dan motor Yamaha Gear.

Tidak disebutkan mengapa beberapa mobil dan motor yang ada di Instagram Doni Salmanan tidak ikut diambil seperti Harley-Davdison CVO dan BMW 840i Coupe M Tech.



4. Malinda Dee - 4 Mobil Mewah
Penyitaan Mobil-mobil Mewah Pelaku Kejahatan Kerah Putih yang Hebohkan Indonesia


Malinda Dee, terpidana kasus penggelapan dana nasabah Citibank sempat bikin geger di 2011. Saat itu dia mengambil dengan ilegal seluruh dana nasabah Citibank hingga Rp17 miliar.

Seluruh uang digunakan untuk mendukung gaya hidupnya yang hedon. Termasuk membeli mobil-mobil mewah seperti Hummer H3, Ferrari California, Ferrari F430 Scuderia.

Saat ini mobil tersebut dibalikkan ke Citibank sebagai pengganti uang yang telah digelapkan oleh wanita pemilik nama asli Malinda Danuardja.

5. Indra Kenz - 4 Mobil Mewah
Penyitaan Mobil-mobil Mewah Pelaku Kejahatan Kerah Putih yang Hebohkan Indonesia


Di usia yang masih muda Indra Kenz justru ditahan polisi karena dugaan penipuan investasi. Berbagai harta kekakayaannya pun telah disita oleh pihak penegak hukum.

Mulai dari properti hingga kendaraan. Tidak main-main mobil mewah yang dista di antaranya adalah Ferrari California, Lamborghini Huracan, Rolls-Royce Phantom, dan Tesla Model 3.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3392 seconds (0.1#10.140)