Selain Pawang Hujan, Kendaraan Ini Juga Sangat Berjasa di Sirkuit Mandalika

Senin, 21 Maret 2022 - 06:02 WIB
loading...
Selain Pawang Hujan, Kendaraan Ini Juga Sangat Berjasa di Sirkuit Mandalika
Kendaraan pembersih Sirkuit Mandalika sebelum laga MotoGP berlangsung. FOTO/ IST
A A A
LOMBOK - Aksi pawang hujan di Sirkuit Mandalika ketika laga MotoGP bukan satu-satunya unsur yang sangat berjasa dengan pergelaran perlombaan tersebut. Keberadaan kendaraan pembersih trek tersebut juga sangat berjasa terhadap pergelaran MotoGP Mandalika.

TrackJet Truck jadi kendaraan yang cukup menarik perhatian sebagai alat pembersih sirkuit. Truk pembersih berbasis penyemprot air memang umum digunakan untuk membersihkan jalan aspal dari material pengganggu termasuk serpihan karet ban usai lintasan dipakai.



TrackJet dilengkapi dengan penyemprot air bertekanan tinggi dan rotating brush atau sikat yang terus berputar untuk membersihkan permukaan jalan. Tekanan air yang disemprot diatur sedemikian rupa agar tidak merusak konstruksi aspal.

Selain itu, mereka juga rutin memasukkan kendaraan mobil/motor ke dalam lintasan. Menurut Race Director Mike Webb keberadaan kendaraan roda 4 / roda 2 dalam lintasan akan membuat racing line menjadi lebih bersih.

Sebab, saat kendaraan lewat, aerodinamika kendaraan akan menyedot debu dari dalam pori-pori lintasan, sehingga mengurangi deposit debu di dalam pori-pori.

Debu yang semakin berkurang serta adanya lapisan karet ban pada permukaan lintasan racing line yang dibuat oleh pembalap akan membuat kecepatan lebih optimal.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1842 seconds (0.1#10.140)