Alur Ban Mobil, Cara Mudah Memahami Jenis dan Fungsinya

Senin, 21 Maret 2022 - 20:36 WIB
loading...
A A A
2. Alur Rib
Alur Ban Mobil, Cara Mudah Memahami Jenis dan Fungsinya


Jenis alur ban mobil yang berikutnya adalah alur rib. Berbeda dengan alur lug, alur ban mobil jenis ini memiliki bentuk vertikal mengelilingi permukaan ban. Bentuk tersebut dimaksudkan agar ban bisa menjaga stabilitasnya saat melaju lurus.

Alur rib memiliki bentuk alur yang searah, sehingga membuat kondisi ban menjadi lebih awet dan tahan lama. Kekurangan alur rib adalah daya cengkram ban yang kurang pada saat digunakan.

3. Alur Block
Alur Ban Mobil, Cara Mudah Memahami Jenis dan Fungsinya


Jenis alur ban mobil yang selanjutnya adalah alur block. Alur block memiliki bentuk khas berupa kotak-kotak kecil. Alur ban mobil jenis ini sangat cocok digunakan pada mobil angkutan atau kendaraan penumpang karena nyaman digunakan dan memiliki tingkat stabilitas yang baik pada perubahan cuaca.

Alur block banyak digunakan oleh mobil offroad karena memiliki kemampuan melewati jalanan berlumpur dengan baik. Namun, satu hal yang harus diketahui pada pengguna alur block adalah harus memeriksa ketebalan ban secara rutin untuk mengetahui tingkat keausan ban.

4. Alur Cross

Jenis alur ban mobil yang berikutnya adalah alur cross. Alur ban mobil jenis ini memiliki bentuk menyilang. Bentuk tersebut berguna untuk memecah udara dan air saat melintasi rute basah dengan daya pengereman dan daya cengkram yang baik.

Kekurangan dari alur cross adalah penggunaan ban jenis ini akan menguras bahan bakar mobil.

5. Alur Rib Lug
Alur Ban Mobil, Cara Mudah Memahami Jenis dan Fungsinya
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2505 seconds (0.1#10.140)