Alur Ban Mobil, Cara Mudah Memahami Jenis dan Fungsinya

Senin, 21 Maret 2022 - 20:36 WIB
loading...
Alur Ban Mobil, Cara Mudah Memahami Jenis dan Fungsinya
Alur ban mobil berbeda satu sama lain dan memiliki fungsinya tersendiri. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Alur ban mobil memiliki jenis dan fungsi yang berbeda. Cara memahami perbedaan itu ternyata sangat mudah dilakukan. Namun untuk mengenalinya, terlebih dulu perlu diketahui makna dari alur ban mobil.

Alur ban merupakan bagian yang sangat sentral buat ban mobil. Alur bukan sekadar hiasan agar ban mobil terlihat berbeda atau mudah dikenali. Alur ban justru dibuat untuk menghadirkan gaya gesek ketika ban bersentuhan dengan jalan.

Dilansir dari laman Auto2000, fungsi alur ban mobil adalah memberi gaya gesek dan memperbesarnya ketika ban mobil bersentuhan permukaan jalan. Gaya gesek yang meningkat itu memiliki fungsi untuk mencegah ban tergelincir yang bisa berdampak fatal pada keselamatan pengendara.

Selain itu, alur ban mobil juga berfungsi untuk membuang air yang masuk saat ban melintasi jalanan basah atau berair. Dalam hal ini, alur ban mobil akan membuat ban tetap mencengkeram permukaan jalan dengan optimal.

Baca juga : Ini 2 Mobil Super yang Belum Dimiliki Striker Barcelona Aubameyang

Nah, alur ban mobil sendiri memiliki pola yang berbeda-beda. Tergantung dari dari setiap pabrik yang memproduksi ban itu. Pasalnya setiap produsen ban tentu memiliki riset yang berbeda satu sama lain.

Hanya saja ada beberapa kesamaan yang bisa jadi patokan dalam membuat alur ban. Nah, dari situlah bisa dikenali jenis dan fungsinya, yuk cermati:

1. Alur Lug
Alur Ban Mobil, Cara Mudah Memahami Jenis dan Fungsinya


Jenis alur ban mobil yang pertama adalah alur lug. Alur ban mobil jenis itu memiliki bentuk horizontal yang berguna untuk memberi cengkeraman yang lebih baik pada ban mobil.

Selain itu, alur lug juga memiliki keunggulan pengereman dan kemampuan menikung yang cukup baik. Kelemahan yang dimiliki alur lug adalah suara bising dan getaran yang ditimbulkan saat mobil berada pada kecepatan tinggi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2342 seconds (10.55#12.26)