Ban Mobil Benjol, Bukan Hanya Tak Nyaman tapi Juga Berbahaya

Kamis, 24 Maret 2022 - 13:22 WIB
loading...
Ban Mobil Benjol, Bukan Hanya Tak Nyaman tapi Juga Berbahaya
Ban mobil benjol harus segera ditangani dan jangan sampai dibiarkan karena akan sangat berbahaya. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Ban mobil benjol jangan dianggap remeh. Selain membuat tidak nyaman juga bisa membahayakan. Benjolan yang tiba-tiba muncul di ban mobil justru bukan terjadi tanpa sebab.

Ban mobil benjol merupakan salah satu permasalahan yang bisa terjadi pada ban yang kurang mendapat perawatan. Dilansir dari laman resmi Suzuki, (Kamis, 24/3/2022), ban mobil benjol pada umumnya disebabkan karena benang ban yang putus. Alhasil ban tidak lagi memiliki penahan pada sisi kanan dan kiri.

Jika kondisi itu dibiarkan, maka ketika ban mobil diisi angin maka tekanan angin akan menekan karet samping ban. Di situlah akhirnya muncul benjolan pada ban.



Untuk lebih lengkapnya, berikut ulasan mengenai penyebab ban mobil benjol. Yuk, cermati apa saja

Ban Mobil Benjol, Bukan Hanya Tak Nyaman tapi Juga Berbahaya


1. Pengisian Tekanan Angin pada Ban yang Tidak Tepat

Penyebab pertama dari ban mobil benjol adalah karena pengisian tekanan angin pada ban tidak tepat. Pengisian yang berlebihan atau tidak memenuhi standar yang ditetapkan merupakan penyebab utama ban mobil benjol. Baik itu kurang dari standar atau pun lebih dari ketentuan.

Pada ban yang kekurangan angin, ban mobil berpotensi benjol karena adanya hantaman benda-benda keras dan tajam saat mobil berjalan. Sebut saja seperti batu, trotoar, dan lainnya. Hal itu membuat benang pada ban mobil rusak dan berakhir dengan munculnya benjolan pada ban.

Bagi ban yang tekanan anginnya lebih dari standar juga akan merasakan hal yangsama. Ban akan mengalami masalah ditambah dengan cuaca panas yang menjadikan tekanan pada ban meningkat. Tidak hanya benjol, ban juga bisa meletus karena tekanan angin berlebih dan paparan cuaca panas.

2. Sering Terkena Benda Keras dan Tajam

Penyebab berikutnya dari ban mobil benjol adalah karena sering terkena benda-benda keras dan tajam. Ketika ban mobil terkena benda keras atau tajam saat digunakan berkendara, hantaman tersebut akan meninggalkan lubang pada ban.

Lubang pada ban tersebut akan menjadikan dinding ban tergencet pelek dan permukaan jalan yang dilalui. Akibatnya adalah benang pada ban mobil putus dan membuat ban mobil benjol.

Ban Mobil Benjol, Bukan Hanya Tak Nyaman tapi Juga Berbahaya


3. Suspensi Mobil mengalami Kerusakan

Penyebab selanjutnya dari ban mobil benjol adalah suspensi mobil yang bermasalah. Umumnya, suspensi pada mobil berguna untuk meredam getaran mobil ketika melewati jalanan yang tidak rata dan bergelombang.

Hal tersebut bisa membuat suspensi mobil mengalami kerusakan yang berakibat pada bantingan roda mobil yang semakin keras. Suspensi yang rusak akan membuat ban mobil bekerja lebih keras saat terkena jalan yang tidak rata dan rusak.

Secara tidak langsung, hal itu akan berakibat pada kerusakan pada benang ban dan menjadikan munculnya benjolan pada ban mobil. Jadi, sebisa mungkin ketika Anda merasakan suspensi mengalami kerusakan, usahakan untuk berkendara dengan pelan dan memilih jalan yang rata, untuk menghindari ban mobil benjol.

4. Bentuk Ban yang Berubah

Penyebab berikutnya dari ban mobil benjol adalah perubahan bentuk pada ban. Ban merupakan komponen penting mobil yang setiap saat ketika digunakan pasti bergesekan dengan jalanan yang dilalui.

Biasanya, permukaan aspal yang panas bisa mengikis lapisan ban mobil dan menyebabkan perubahan bentuk pada ban. Perubahan tersebut akan semakin cepat ketika angin pada ban mobil kurang serta beban mobil yang terlalu berat. Hal ini akan berakibat pada munculnya benjolan pada ban.


Setelah Anda memahami apa saja penyebab ban mobil benjol, ada baiknya mengetahui cara terbaik untuk mengatasi masalah itu. Dilansir dari laman Showroom Mobil.co.id, berikut beberapa cara untuk mengatasi ban mobil benjol:

Ban Mobil Benjol, Bukan Hanya Tak Nyaman tapi Juga Berbahaya


1. Perbaikan Sementara

Dalam kondisi darurat, semisal sedang melakukan perjalanan jauh, atau bengkel tutup. Penambalan mungkin bisa menjadi salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengatasi ban mobil benjol untuk sementara, namun efek tersebut tidak bertahan lama.

Dalam hal ini, pengendara bisa mencari terlebih dahulu titik benjolan pada ban, kemudian tusuk bagian tersebut dengan obeng kecil, namun usahakan jangan terlalu dalam ketika menusuknya. Setelah ban ditusuk, angin akan keluar, setelah itu isi kembali angin ban dengan menggunakan kompresor. Ulangi terus cara tersebut sampai benjolan pada ban hilang.

2. Ganti Ban

Cara ini mungkin cara paling efektif yang bisa digunakan untuk mengatasi ban mobil benjol. Ketika pengendara melihat ban mobil benjol, pengendara bisa menggantinya terlebih dahulu dengan ban cadangan apabila membawanya. Namun, apabila tidak membawanya, satu-satunya cara adalah dengan membeli yang baru.

Jangan pernah ragu untuk segera mengganti ban mobil yang benjol. Pasalnya ban adalah komponen kendaraan yang paling sering berhubungan dengan jalan. Jadi keamanan dan keselamatan pengemudi dan penumpang mobil sangat ditentukan oleh kondisi ban mobil.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4468 seconds (0.1#10.140)