Toyota Gandeng Aurora untuk Uji Coba Mobil Otonom di Texas

Minggu, 27 Maret 2022 - 21:25 WIB
loading...
Toyota Gandeng Aurora untuk Uji Coba Mobil Otonom di Texas
Toyota Motor Jepang dan pengembang sistem mengemudi otomatis AS, Aurora Innovation Inc, akan mulai menguji armada mobil otonom mereka di Texas. Foto/dok
A A A
SAN FRANSISCO - Toyota Motor Jepang dan pengembang sistem mengemudi otomatis AS, Aurora Innovation Inc, akan mulai menguji armada mobil otonom mereka di Texas. Dalam waktu dekat, kendaraan otonom tanpa penumpang ini akan di uji coba di jalan raya pinggiran kota di daerah Dallas-Fort-Worth.

Mobil yang akan diuji coba ini adalah Minivan Toyota Sienna dengan sistem self-driving Aurora. Nantinya mobil tanpa pengemudi dan penumpang ini akan berseliweran di jalan seperti mobil yang dikendarai siluman.

Dikutip dari Autoblog, Minggu (27/3/2022), Aurora Innovation Inc mengatakan, uji coba awal akan dilakukan dengan pengawasan dua operator keselamatan dan tanpa penumpang di dalamnya.

BACA : Proyek Apple Car Kembali Ditinggalkan Pejabat Teras

Kendaraan dengan sistem self-driving Aurora ini akan diuji di jalan raya dan jalan-jalan pinggiran kota di daerah Dallas-Fort-Worth, dengan operasi termasuk perjalanan ke bandara.

"Rute tersebut menunjukkan kemampuan Aurora untuk beroperasi dengan aman pada kecepatan jalan raya. Ini yang membedakan dari operator lainnya," kata perusahaan AS itu dalam sebuah pernyataan.

Aurora, yang dipimpin oleh Chris Urmson mengatakan, pihaknya berencana untuk terus menambah armada sebagai persiapan peluncuran komersial di jaringan ride-hailing seperti Uber.

BACA JUGA : Tsar Bomba, Bom Nuklir Rusia yang membuat AST dan NATO Khawatir

Untuk mewujudkan rencana tersebut, Aurora membeli kendaraan otonom Uber ATG pada tahun 2020. Sementara raksasa ride-hailing telah mengakuisisi 26% kepemilikan di Aurora.

Pesaing Aurora, Waymo juga akan melakukan uji coba mobil otonom untuk perjalanan di daerah pinggiran kota terbatas di Phoenix dan di sekitar bandara.

Waymo mengatakan bahwa mereka siap untuk melakukan uji coba kendaraan tanpa pengemudi di kota San Francisco yang padat penduduk. Sayangnya, Waymo belum mengungkapkan kapan mereka akan melakukan uji coba di jalan raya.
(ysw)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1843 seconds (11.210#12.26)