Ini Fungsi Dial Indikator di Dunia Otomotif, Mekanik Wajib Tahu!

Sabtu, 09 April 2022 - 13:07 WIB
loading...
A A A
Dial indikator juga bisa digunakan untuk mengukur kebulatan dari sebuah poros. Beberapa jenis poros yang digunakan pada kendaraan seperti crank journal pada crankshaft.

Komponen pada mobil ini memang perlu diukur apakah permukaannya tetap bulan dan juga rata. Komponen ini tidak boleh berubah bentuk seperti menjadi oval atau memiliki tekstur kasar karena bisa memengaruhi kinerja mesin mobil.



3. Mengukur Kesejajaran Permukaan

Kesejajaran permukaan pada mesin baik saat proses pembuatan maupun pemasangan kembali juga harus dicek dengan dial gauge. Beberapa komponen yang harus diukur antara lain liner projection pada mesin diesel.

Fungsi dari liner projection adalah membandingkan ketinggian liner projection yang baru. Perbandingkan kesejajaran dilakukan dengan permukaan cylinder block agar tahu ketebalan gasket yang diperlukan.

4. Mengukur Run Out Poros

Beberapa komponen lain seperti poros propeller juga harus diukur kembali setiap kali servis atau tune up. Dial indikator akan memudahkan teknisi mengetahui komponen lurus atau bengkok.



Mengingat komponen poros berbentuk tabung panjang, maka harus diukur pada bagian ujung depan, ujung belakang dan juga tengah. Nantinya nilai yang muncul akan dibandingkan sehingga mengetahui apa terjadi kebengkokan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1418 seconds (0.1#10.140)