Perbedaan Penggerak FWD dan RWD Beserta Plus dan Minusnya

Senin, 11 April 2022 - 22:15 WIB
loading...
Perbedaan Penggerak FWD dan RWD Beserta Plus dan Minusnya
Mobil berpenggerak roda depan maupun belakang sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Pemilik kendaraan wajib mengetahui perbedaan sistem penggerak FWD dan RWD pada kendaraannya. Ini karena setiap mobil memiliki spesifikasi berbeda, termasuk sistem penggeraknya.

Sistem penggerak mobil bisa diartikan sebagai komponen yang berfungsi menyalurkan tenaga yang dihasilkan mesin ke roda. Menurut jenisnya, sistem penggerak mobil terbagi tiga. Yakni FWD, RWD, dan 4WD.

Lantas, apa itu FWD dan RWD? Dimana letak perbedaan diantara keduanya? Apa plus minusnya?

Dilansir situs Suzuki, berikut ulasan mengenai perbedaan FWD dan RWD yang perlu pemilik kendaraan ketahui:

Perbedaan Penggerak FWD dan RWD Beserta Plus dan Minusnya

FWD atau Front Wheel Drive merupakan jenis tenaga penggerak yang menyalurkan tenaga dari mesin ke dua roda depan mobil.
Sistem penggerak jenis ini memiliki mesin di bagian depan yang melintang dan biasa disebut Front Engine atau FE. Jenis mesin penggerak ini juga disebut sebagai 2WD atau Two Wheel Drive karena menggunakan penggerak dua roda saja.

Adapun untuk RWD atau Rear Wheel Drive merupakan jenis tenaga penggerak yang menyalurkan tenaga dari mesin ke dua roda belakang mobil.

Sama halnya dengan FWD, karena hanya menggunakan tenaga pada dua roda, jenis mesin penggerak ini juga termasuk dalam Two Wheel Drive atau 2WD.

Dari penjelasan diatas dari dipahami pengertian sekaligus perbedaan diantara jenis sistem penggerak diatas, yaitu FWD atau Front Wheel Drive menyalurkan tenaga ke dua roda depan, sedangkan RWD atau Rear Wheel Drive menyalurkan tenaga mesin ke dua roda belakang mobil.

Perbedaan Penggerak FWD dan RWD Beserta Plus dan Minusnya

Dari kedua jenis sistem penggerak tersebut, masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan. FWD atau Front Wheel Drive memiliki keunggulan dalam hal efisiensi, karena dengan menyalurkan tenaga mesin ke dua roda depan, jarak mesin dan girboksnya lebih dekat sehingga memungkinkan proses kerjanya menjadi lebih efisien.

Selain itu, mobil dengan sistem penggerak FWD umumnya memiliki ruang kabin cukup luas. Sehingga mobil tersebut cocok dijadikan mobil keluarga dengan kapasitas tempat duduk lebih besar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1632 seconds (0.1#10.140)