Perbedaan Penggerak FWD dan RWD Beserta Plus dan Minusnya

Senin, 11 April 2022 - 22:15 WIB
loading...
A A A
Mobil dengan sistem penggerak ini juga membuat suara mobil jadi lebih halus karena tenaga yang diteruskan ke roda tidak memiliki kerugian mekanis besar.

Kelemahan pada sistem penggerak FWD ini adalah ban depan akan menjadi lebih boros karena tenaga mesin disalurkan langsung ke bagian tersebut.

Kelemahan lainnya, risiko understeer atau keadaan ketika mobil kehilangan kendali saat berbelok. Hal tersebut harus menjadi perhatian bagi pemilik mobil dengan sistem penggerak FWD agar bisa mengendarainya dengan hati-hati.

Selanjutnya, pada RWD atau Rear Wheel Drive memiliki kelebihan pada distribusi beban sehingga tidak menyusahkan komponen-komponen yang ada di depan.



Selain itu, mobil dengan sistem penggerak ini juga memiliki kemampuan untuk menaklukan medan-medan berat karena tenaganya yang kuat.

Kelemahan pada sistem penggerak RWD ini adalah ruang kabin yang sempit karena terdapat terowongan gardan di bawah sasis pada bagian bawah mobil. Selain itu, mobil juga bisa terkena oversteer ketika bagian belakang mobil akan beralih ke sisi luar belokan. Terakhir, mobil dengan RWD biasanya lebih boros bahan bakar dibanding mobil FWD.
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2081 seconds (0.1#10.140)