Berikut Tips Istirahat Saat Mudik Naik Motor

Rabu, 27 April 2022 - 21:02 WIB
loading...
Berikut Tips Istirahat Saat Mudik Naik Motor
Tips istirahat saat mudik naik motor harus dipahami para pemudik agar bisa tetap berkonsentrasi saat berkendara. Foto/Okezone
A A A
JAKARTA - Tips istirahat saat mudik naik motor harus dipahami para pemudik yang memilih menggunakan sepeda motor. Karena dengan istirahat yang cukup, pemudik jadi tetap bisa berkonsentrasi dengan baik selama berkendara.

Sepeda motor menjadi pilihan banyak orang untuk mudik setiap tahunya karena murah dan bebas macet. Kendati demikian, data Kementerian Perhubungan mencatat bahwa dari total kecelakaan mudik sebelum pandemi sebanyak 23 ribu, 70 persennya adalah sepeda motor.

Pada mudik 2022 kali ini, Kementerian Perhubungan memprediksi jumlah pemudik sepeda motor mencapai 16,9 Juta dari total pemudik 85,5 juta orang. Untuk meminimalisir kecelakaan, istirahat dalam perjalanan menjadi penting.



Berikut tips istirahat saat mudik naik motor dilansir dari berbagai sumber :

1. Istirahat Setiap 2 Jam

Perjalanan mudik dengan sepeda motor tentu bukan perjalanan jarak dekat dan pastinya membutuhkan waktu yang lama. Padahal, kemampuan tubuh manusia cuma optimal selama dua jam berkendara. Apabila dipaksakan, konsentrasi bakal berkurang dan disarankan istrahat setiap 2 jam berkendaraan.



2. Peregangan Tubuh

Setiap kali beristirahat setelah berkendara lebih dari dua jam, pengendara sepeda motor usahakan jangan sampai tertidur. Lakukan saja peregangan tubuh sebagai cara beristirahat.

Namun apabila memang harus tertidur, jangan sampai langsung melanjutkan perjalanan, tunggu sampai konsentrasi pulih.

Itulah tips istirahat saat mudik naik motor yang bisa diketahui. Semoga aman sampai tujuan.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9019 seconds (0.1#10.140)