Kunci Mobil Tidak Bisa Diputar? Jangan Khawatir, Begini Cara Mengatasinya!

Jum'at, 06 Mei 2022 - 21:05 WIB
loading...
Kunci Mobil Tidak Bisa Diputar? Jangan Khawatir, Begini Cara Mengatasinya!
Penyebab terjadinya kunci mobil tidak bisa diputar cukup beragam. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Kunci mobil tidak bisa diputar menjadi salah satu permasalahan yang mungkin pernah dialami sebagian pengendara.

Penyebab terjadinya kunci mobil tidak bisa diputar cukup beragam. Bisa jadi karena memang pengendara tidak mengetahui sistem keamanan standar pada setir mobil, posisi kunci mobil yang salah, lubang kunci kekurangan pelumas, hingga keadaan kunci yang rusak atau bengkok.

Lantas, bagaimanakah cara mengatasi masalah kunci mobil tidak bisa diputar ? Dilansir dari Auto2000, berikut ulasannya:

1. Aktifkan Rem Tangan Mobil
Langkah pertama yang perlu diperhatikan pemilik kendaraan adalah memastikan terlebih dahulu rem tangan mobil aktif. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi mobil berjalan sendiri saat pengendara mengutak-atik kuncinya.

2. Tekan dan Putar Setir Mobil
Setelah memastikan rem tangan aktif, masukan kembali kunci mobilnya. Pada saat menekan kunci, putar setir ke arah kiri dan kanan secara perlahan. Tujuannya adalah mencari celah agar kunci bisa berputar kembali.

Selain itu, pada beberapa tipe mobil modern biasanya kunci stir dalam kondisi terkunci erat. Maka pengendara perlu memutar setir lebih kuat sembari menekan kuncinya.

3. Periksa Tuas Perseneling
Khusus bagi mobil transmisi otomatis, pastikan tuas persneling berada pada posisi P. Alasannya, pada beberapa kendaraan sistem akan mencegah kunci berputar apabila posisi tuas persneling tidak dalam posisi P.

4. Tambahkan Pelumas di Silinder Kunci
Apabila belum berhasil, pemilik mobil bisa membersihkan terlebih dahulu silinder kunci sekaligus menambahkan pelumasnya. Beri pelumas dengan cairan pembersih kontak elektrik yang bisa membersihkan kotoran untuk melumasinya. Coba putar kunci mobil kembali setelah melakukan langkah ini.



Demikian beberapa cara yang bisa dicoba dalam mengatasi kunci mobil yang tidak bisa diputar. Apabila beberapa langkah diatas belum berhasil dan kunci mobil masih tidak bisa diputar, maka Anda bisa meminta bantuan kepada ahli kunci atau montir untuk memperbaikinya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1555 seconds (0.1#10.140)