Inilah 4 Penyebab Motor Matik Tidak Kuat Nanjak, Pengendara Wajib Tau!

Senin, 06 Juni 2022 - 13:42 WIB
loading...
Inilah 4 Penyebab Motor Matik Tidak Kuat Nanjak, Pengendara Wajib Tau!
Sedikitnya ada empat penyebab motor matik tidak kuat nanjak. Sebagian pengendara tentu pernah mengalaminya. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada empat penyebab motor matik tidak kuat nanjak. Sebagian pengendara tentu pernah mengalaminya. Dengan mengetahui penyebab motor matik tidak kuat nanjak, pengendara bisa terhindar dari kecelakaan.

Bayangkan saja ketika pengemudi sedang melakukan manuver untuk menyalip kendaraan lain di tanjakan, namun tenaga motor tidak kuat. Hal ini tentu bisa menjadi sebuah kecelakaan .
Baca juga : Ciri-Ciri V-Belt Motor Matik Mau Putus

Bahkan, bukan tidak mungkin kendaraan lain bisa terkena imbasnya. Maka dari itu, alangkah baiknya pengendara memeriksa kondisi kendaraan secara berkala. Termasuk juga mengetahui penyebab motor matik tidak kuat nanjak.

Dilansir dari situs Wahana Honda, berikut ulasannya :

1. Kotornya Komponen Karburator

Pada perkembangannya, tidak semua motor matik menggunakan sistem injeksi. Namun, masih ada juga beberapa yang menggunakan karburator. Dalam hal ini, komponen karburator yang kotor juga bisa menjadikan motor matic tidak bertenaga saat menanjak.

Dalam fungsinya, karburator memiliki berbagai kegunaan. Salah satunya adalah tempat pembakaran bahan bakar. Pada kondisi karbu yang kotor ini, proses jalannya pembakaran tidak akan berjalan dengan optimal.

Hasilnya, motor matik akan terasa tidak bertenaga sehingga tidak kuat saat berada di tanjakan.
Baca juga : 9 Penyebab Karburator Motor Banjir dan Solusinya

2. Jarum Skep Bermasalah

Penyebab motor matik tidak kuat nanjak yang berikutnya adalah adanya masalah pada jarum skep.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1337 seconds (10.177#12.26)