Ciri-ciri Cross Joint Mobil Rusak, Penting Buat Pemilik Kendaraan Penggerak Roda Belakang

Senin, 06 Juni 2022 - 21:00 WIB
loading...
Ciri-ciri Cross Joint Mobil Rusak, Penting Buat Pemilik Kendaraan Penggerak Roda Belakang
Ciri-ciri cross joint mobil rusak perlu diketahui karena berkaitan erat dengan keselamatan saat mobil digunakan. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Ciri-ciri cross joint mobil rusak perlu dipahami terutama oleh pemilik mobil penggerak roda belakang. Jika kerusakan dibiarkan begitu saja maka potensi masalah akan terus menyebar dan bahkan berbahaya buat keamaman pemilik mobil.

Tidak hanya suara-suara berisik yang tidak nyaman. Cross joint juga bisa lepas jika masalahnya dibiarkan. Tentu hal itu akan sangat berbahaya buat pemilik mobil.

Kenapa hanya perlu diperhatikan oleh pemilik mobil penggerak roda belakang saja? Pasalnya cross joint atau yang akrab juga disebut joint kopel adalah komponen yang bertugas menghubungkan dua poros yang tidak segaris sumbunya.

Diketahui kendaraan bermotor termasuk mobil memang memiliki beberapa poros yang tidak segaris sumbunya. Salah satunya adalah poros output transmisi dengan poros roda depan yang ditemukan di mobil-mobil penggerak roda belakang atau Rear Wheel Drive (RWD).



Nah, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda cermati untuk mengetahui ciri-ciri cross joint mobil rusak:

Ciri-ciri Cross Joint Mobil Rusak, Penting Buat Pemilik Kendaraan Penggerak Roda Belakang


1. Suara-suara Aneh dari Bagian Belakang Mobil

Potensi kerusakan paling mudah diketahui dari suara-suara aneh yang ada di mobil. Untuk kerusakan cross joint suara yang dihadirkan justru sangat dominan.

Ketika mobil bergerak maju akan timbul suara berdecit dari arah belakang. Suara lainnya juga bisa muncul seperti suara denting. Biasanya ini terjadi pada saat maju atau mundur serta perpindahan transmisi. Hal itu terjadi karena cross joint sudah bermasalah. Jadi besi dengan besi saling berbenturan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1606 seconds (0.1#10.140)