Ternyata Ini Alasan Hyundai IONIQ 5 Tidak Memiliki Wiper Belakang

Rabu, 22 Juni 2022 - 15:03 WIB
loading...
Ternyata Ini Alasan Hyundai IONIQ 5 Tidak Memiliki Wiper Belakang
Tampilan belakang Hyundai IONIQ 5 yang tidak memiliki wiper di kaca belakang. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Mobil listrik Hyundai IONIQ 5 ternyata tidak memiliki wiper di bagian belakangnya. Padahal, wiper belakang merupakan salah satu komponen keselamatan yang ada di mobil.

Fungsinya untuk membersihkan kaca belakang saat hujan maupun kotor, sehingga tidak mengganggu pandangan. Sebagian besar mobil menyertakan wiper belakang sebagai fitur standar. Mulai LCGC, hatchback, MPV, hingga SUV.

Ternyata Ini Alasan Hyundai IONIQ 5 Tidak Memiliki Wiper Belakang

Perbandingan kaca belakang Hyundai IONIQ 5 yang lebih landai (kiri) dan Hyundai Kona elektrik dengan wiper belakang (kanan). Foto: Sindonews/Danang Arradian

Hanya sedan saja yang tidak memakai wiper belakang karena kaca belakang jauh dari bagasi, sehingga kotoran dari turbulensi maupun cipratan ban tidak akan sampai ke kaca.

Meski demikian, Hyundai IONIQ 5 ternyata tidak memiliki fitur keamanan tersebut. Mengapa? Product Expert PT Hyundai Motors Indonesia Bonar Pakpahan mengatakan, ini karena desain spoiler belakang Hyundai IONIQ 5 yang sudah memiliki dua buah buah lubang memiliki kemampuan membelah udara.

Ternyata Ini Alasan Hyundai IONIQ 5 Tidak Memiliki Wiper Belakang

Dua lubang berukuran besar di roof spoiler di Hyundai IONIQ 5. Foto: Sindonews/Danang Arradian

”Aliran udara dari depan akan masuk melewat lubang di spoiler dan turun ke kaca belakang. Sehingga dirasakan tidak perlu untuk menggunakan wiper belakang,” ujar Bonar.

Ternyata Ini Alasan Hyundai IONIQ 5 Tidak Memiliki Wiper Belakang

Tampilan bagian belakang Hyundai IONIQ 5. Foto: Sindonews/Danang Arradian

Alasan lainnya adalah soal efisiensi. Menurut Bonar, mobil listrik dirancang untuk bisa sangat efisien. ”Jadi, kami berupaya menghindari penggunaan komponen-komponen yang tidak perlu, agar mobil bisa bergerak lebih efisien,” ungkapnya.

Bahkan, Bonar juga menyebut bahwa jenis ban yang digunakan oleh Hyundai IONIQ 5 juga berbeda. ”Ban untuk mobil listrik/EV memiliki hambatan gulir yang lebih rendah dibandingkan ban pada umumnya. Namun, tetap tidak ada kompromi saat digunakan di lintasan basah ataupun kering,” ungkap Bonar.



Ukuran ban Hyundai IONIQ 5 Signature Long Range 2022 adalah 235/55 R19. Menurut Bonar, ban Hyundai IONIQ 5 buatan Michelin konstruksinya dirancang sangat efisien. ”Sehingga tidak perlu energi besar untuk menggerakkannya,” ungkapnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2313 seconds (0.1#10.140)