Honda Bakal Miliki Airbag di Luar untuk Lindungi Korban Tabrakan

Minggu, 26 April 2020 - 11:08 WIB
loading...
Honda Bakal Miliki Airbag di Luar untuk Lindungi Korban Tabrakan
Tampak sketsa paten desain airbag di luar kendaraan yang diajukan raksasa automotif dunia, Honda. Foto/Ist
A A A
TOKYO - Airbag pada mobil berfungsi untuk meminimalisasi risiko bagi pengemudi dan penumpangnya jika terjadi kecelakaan. Dengan demikian, tentu saja letaknya berada di dalam kendaraan.

Menariknya, pabrikan mobil asal Jepang, Honda, baru saja mematenkan desain airbag yang terletak di luar kendaraan. Meski bukan sistem teknologi terbaru, tetapi airbag yang dipatenkan Honda digadang-gadang lebih pintar.

Mengutip situs Visordown, Minggu (26/4/2020), fungsi dari airbag yang berada di luar ini sama seperti airbag di dalam mobil. Honda ingin mengurangi tingkat risiko jika kecelakaan, hanya kali ini bertujuan melindungi pengendara motor atau pejalan kaki yang tertabrak kendaraan.

Sistem airbag luar yang dimiliki Honda ini dinilai mampu berfungsi lebih baik. Ketika terjadi kecelakaan, dipastikan secara otomatis airbag akan mengembang. Bahkan, teknologi tersebut dapat membaca potensi bahaya.

Tentu teknologi itu sangat bermanfaat karena mengukur jarak sesuatu yang kemungkinan terhantam mobil, seberapa besar ukurannya, dan melihat bentuknya. Dengan begitu, airbag bisa berfungsi semaksimal mungkin.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2098 seconds (0.1#10.140)