Gejala Kampas Kopling Mobil Matic Habis, Perhatikan!

Senin, 27 Juni 2022 - 17:38 WIB
loading...
Gejala Kampas Kopling Mobil Matic Habis, Perhatikan!
Bagi pengendara tentunya harus memahami gejala kampas kopling mobil matic habis. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bagi pengendara tentunya harus memahami gejala kampas kopling mobil matic habis. Dengan begitu, Anda bisa meminimalisir kecelakan dan biaya perbaikan mobil.

Kampas kopling memiliki peranan penting dalam kendaraan. Salah satu penyebab kampas kopling habis biasanya dikarenakan kebiasaan pengemudi yang kasar dalam mengendarai mobil.

Baca juga : Kenali Ciri-Ciri Kampas Kopling Mobil Manual Habis

Berikut 14 gejala kampas kopling mobil matic habis seperti dilansir Auto2000 :

1. Gigi mobil berpindah dengan kasar

Dalam perpindahan gigi mobil matic ini biasanya akan terdengar suara krek dengan durasi yang cukup lama di perpindahannya. Biasanya gigi juga bisa terkunci di posisi tertentu dan tidak dapat dipindahkan.

2. Mobil bergetar

Biasanya kampas kopling yang sudah habis bersih akan membuat komponen ini gosong sehingga menyebabkan mobil bergetar. Dalam hal ini sudah seharusnya kampas kopling untuk segera diganti.

3. Tarikan transmisi akan terasa berat

Gejala ini biasanya disebabkan oleh kebocoran atau kampas yang kotor. Akan tetapi, waspadai pula kemungkinan kabel gearbox terkelupas atau terputus yang dapat memicu beratnya perpindahan transmisi.

4. Starter lebih ringan atau ngelos

Apabila ketika menyalakan starter terasa lebih ringan atau ngelos itu berarti kampas kopling sudah habis. Terkadang hal ini bisa menyebabkan mobil matic tidak menyala.

5. Tercium bau hangus

Gejala kampas kopling mobil matic habis berikutnya adalah sempat terciumnya bau hangus di saat berkendara. Ketika kampasnya habis ini memang mobil matic mengeluarkan bau hangus karena gesekan di rem.

6. Terjadi hentakan ketika perpindahan transmisi

Akan terjadi hentakan yang cukup keras akibat oli transmisi tidak dapat menjaga perpindahan gigi saat RPM telah optimal.

Baca juga : Cara Merawat Kampas Kopling Mobil, Pahami Supaya Awet

7. Tidak kuat menanjak

Ketika kendaraan sulit menanjak dan seperti kekurangan tenaga ini juga menjadi gejala kampas kopling mobil matic habis.

8. Transmisi mobil tersangkut

Disaat kondisi limp atau safe mode yang dimana transmisi mobil tersangkut dengan posisi gigi paling atas merupakan gejala kampas kopling mobil matic habis. Segera cek kondisi kampas kopling bila terjadi gejala ini.

9. Putaran mesin makin tinggi

hal ini disebabkan oleh kampas kopling yang mulai menipis akan menjadi licin dan mengakibatkan putaran lebih sering.

10. Kopling selip

Selain karena oli yang sudah buruk bisa juga karena kondisi kampas kopling mobil matic yang hampir habis dan mulai menipis.

11. Akselerasi mesin melemah

Akselerasi mesin mobil yang makin melemah menandakan gejala kampas kopling mobil matic habis. Biasanya, kalau kampas mulai menipis, secara otomatis mobil matic juga akan semakin kehilangan akselerasinya.

Hailnya, mobil yang biasanya bisa mencapai kecepatan 100 km/jam dalam waktu 10 detik, kini akan butuh jeda waktu hingga 15 atau 20 detik.

12. Tenaga mesin berkurang

Saat kampas kopling mobil matic mulai menipis atau berkurang ini kakan menyebabkan mesin seolah olah kehilangan tenaga.

13. Boros bahan bakar

Bila bahan bakar lebih cepat habis padahal tidak melakukan perjalanan jauh, maka hal itu bisa jadi tanda kampas kopling kendaraan habis. Kampas kopling habis membuat Anda menekan pedal gas lebih dalam. Tindakan tersebut memicu penggunaan bahan bakar lebih banyak.

14. Oli berubah warna kehitaman

Terakhir, untuk memastikan kondisi kampas kopling ini bisa menegcek kondisi oli. Bila warna oli agak keruh mirip serbuk dan berwarna kehitaman, maka itu adalah hasil residu kampas kopling yang gosong dengan oli. Artinya, kampas kopling benar-benar habis dan Anda harus segera melakukan perawatan kendaraan.
(bim)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1402 seconds (10.101#12.26)