Cara Merawat Kampas Kopling Mobil, Pahami Supaya Awet

Kamis, 23 Juni 2022 - 20:37 WIB
loading...
Cara Merawat Kampas Kopling Mobil, Pahami Supaya Awet
Bagi para pemilik kendaraan tentunya harus memahami cara merawat kampas kopling mobil agar tidak cepat habis. Foto DOK Carmudi
A A A
JAKARTA - Bagi para pemilik kendaraan tentunya harus memahami cara merawat kampas kopling mobil agar tidak cepat habis. Biasanya kampas kopling ini habis disebabkan oleh kebiasaan buruk pengemudi .

Menginjak kopling biasa dilakukan ketika memindahkan gigi. Bisa jadi ketika transmisi belum berpindah, pedal kopling telah diangkat atau pengendara sering menerapkan menginjak pedal kopling ketika melalui tanjakkan.

Baca juga : Kenali Ciri-Ciri Kampas Kopling Mobil Manual Habis

Kebiasaan tersebut yang membuat kampas kopling cepat habis. Karena itu cara merawat kampas kopling ini perlu diterapkan, supaya pengendara mengetahui apa yang harus dilakukan.

Begini cara merawat kampas kopling seperti dilansir dari berbagai sumber :

1. Ketika Lampu Merah atau Tanjakan Netralkan Transmisi

Metode menginjak kopling dalam posisi gigi satu saat berhenti dapat membuat kinerja kampas kopling makin berat, hal inilah yang bisa membuat kampas kopling cepat habis. Karena itu, sebaiknya netralkan transmisi ketika mobil berhenti dan mulai masukan gigi ketika akan jalan.

2. Jangan Menggantungkan Kaki di Pedal Kopling

Cara merawat kampas kopling selanjutnya adalah dengan tidak menggantungkan kaki pada pedal kopling. Kebiasaan seperti ini juga bisa menambah gesekan yang pada akhirnya mempercepat habisnya kampas mobil.

Baiknya melepaskan kaki dari kopling ketika mobil telah berjalan stabil. Karena semakin berkurang gesekan maka akan bertambah awet kampas kopling.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1267 seconds (0.1#10.140)