Ciri Relay Starter Mobil Rusak, Kenali dan Pahami

Selasa, 28 Juni 2022 - 19:43 WIB
loading...
A A A
Ketika pengendara sudah memutar kunci kontak ke arah starter atau menekan tombol start stop engine, tidak ada tanda-tanda mesin akan menyala.

Anehnya, pengendara tetap bisa melihat panel-panel pada dashboard kendaraan menyala dengan normal. Akan tetapi, mesin kendaraan tidak akan bisa menyala dan hanya menimbulkan bunyi seperti akan menyala. Kalau sudah begitu kondisinya, maka bisa dipastikan yang bermasalah adalah bagian relay starter.

Baca juga : Cara Jaga Kelistrikan Mobil Agar Sekali Starter Langsung Tokcer

3. Tidak Ada Sambungan Arus Listrik

Ciri relay starter mobil rusak inilah yang paling terlihat yaitu dengan tak adanya sambungan arus listrik pada mobil.

Seperti yang telah dijelaskan bahwa relay memang merupakan sistem kelistrikan pada mobil. Untuk memastikan hal ini maka diperlukan ohm meter dalam mengetahui sambungan listrik.

Dalam relay starter ini terdapat terminal dan lilitan yang menghantarkan arus listrik. Terminal 85 dan 86 yang bentuknya kumparan/lilitan terhubung dengan kunci kontak.

Untuk terminal 87 terhubung dengan solenoid starter dan terminal 30 terhubung dengan aki mobil. Apabila saat diukur dengan ohm meter terminal 85 dan 86 tidak saling terhubung, maka relay starter sudah rusak.

Bila keduanya terhubung maka lakukan pemeriksaan lanjutan dengan cara memberikan arus listrik.

Itulah ciri relay starter mobil rusak, apabila pengendara kurang paham tentang kelistrikan mobil maka pahami ciri-ciri ini dan lakukan pemeriksaan. Selanjutnya bawalah ke para ahli kelistrikan mobil untuk melakukan perbaikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)