Google Mengubah Tampilan Dasbor BMW Makin Canggih

Kamis, 30 Juni 2022 - 22:18 WIB
loading...
Google Mengubah Tampilan Dasbor BMW Makin Canggih
BMW Operating System 8, juga dikenal sebagai iDrive 8, adalah salah satu suite infotainment terbaik yang tersedia saat ini. Foto/BMW/Carbuzz
A A A
BERLIN - BMW Operating System 8, juga dikenal sebagai iDrive 8, adalah salah satu suite infotainment terbaik yang tersedia saat ini. Sistem ini memulai debutnya tahun lalu pada BMW iX dan BMW i4, dan sejak itu diperluas ke model lain seperti Seri 3 facelift dan crossover X1 yang serba baru.

Meskipun ini adalah sistem yang cukup baru, BMW akan memperbarui iDrive 8 dengan perombakan yang signifikan pada tahun depan. Mulai Maret 2023, iDrive 8 akan mengintegrasikan Android Automotive OS bersama dengan sistem operasi berbasis Linux yang ada.

Sebagai pengingat, Android Automotive berbeda dari Android Auto, perangkat lunak pencerminan ponsel yang mirip dengan Apple CarPlay. Android Automotive saat ini mendukung Polestar 2 dan Volvo XC40, ditambah beberapa kendaraan baru dari General Motors.

Baca juga; Akhirnya, Selamat Datang SUV Listrik BMW Buatan China

Sistem ini menggabungkan fitur berguna seperti Google Assistant dengan data yang relevan dari kendaraan, termasuk jangkauan baterai. “Kami mengintegrasikan aspek terbaik dari semua dunia, yang bisa berupa pengembangan internal kami sendiri, Open Source, atau produk perangkat lunak komersial, tergantung pada solusi spesifiknya,” kata Stephan Durach, Senior Vice-President Connected Company and Development Technical Operations di BMW Group dikutip SINDOnews dari laman Carbuzz, Kamis (30/6/2022).

Saat ini belum jelas model BMW mana yang akan mendapatkan OS berbasis Android baru dan mana yang akan mempertahankan sistem Linux. BMW belum merinci lebih lanjut tentang masalah ini, hanya mengatakan bahwa sistem operasi yang diperluas dapat digunakan dalam seri kendaraan yang berbeda.

Setelah mengendarai beberapa mobil dengan infotainment berbasis Android Automotive, seperti Polestar 2 dan GMC Hummer EV Pickup, terlihat melihat bagaimana BMW Group mengintegrasikan teknologi ini ke dalam dasbornya. Meskipun dalam keterangan pers hanya menyebutkan Sistem Operasi BMW 8, namun itu membuka peluang bagi kendaraan BMW Group lainnya.

Baca juga; BMW Hadirkan New BMW M135i xDrive dan New BMW M235i xDrive Gran Coupé di Surabaya
Google Mengubah Tampilan Dasbor BMW Makin Canggih


Termasuk Mini dan Rolls-Royce, untuk mendapatkan OS Android. Bahkan kendaraan yang menggunakan iDrive 8 yang lebih lama masih akan menerima pembaruan over-the-air secara berkala melalui program BMW Remote Software Upgrade.

Setelah mencicipi sistem saat ini di i4 dan iX, tentu tidak sulit untuk melewatkan pembaruan Android tahun depan. “Kami memastikan pelanggan kami selalu menikmati pengalaman digital yang unik dan disesuaikan di kendaraan mereka,” tambah Stephan Durach.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1605 seconds (10.101#12.26)