Ini Ciri-Ciri Dinamo Starter Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya, Dijamin Mudah

Selasa, 05 Juli 2022 - 21:31 WIB
loading...
A A A
Ciri dinamo starter mobil rusak yang lain adalah ketika mobil sulit untuk dinyalakan dalam keadaan panas. Bila mengalami kesulitan tentu hal tersebut diakibatkan adanya resistansi kumparan yang jumlahnya semakin besar.

Apabila panas mesin telah mengenai bagian body solenoid, maka nilai tahanan yang berada di dalam kumparan akan semakin membesar.

Hal ini akan berdampak pada arus listrik yang tertahan dan sulit untuk mengalir dengan sempurna ke bagian kumparan. Pada saat arus listrik tertahan atau tersendat, maka otomatis mesin akan menjadi lebih sulit untuk dihidupkan.

3. Mobil Tak Bereaksi Saat di Starter

Kemungkinan besar penyebab kerusakannya dinamo starter ini adalah karena sekring di dinamo putus. Sekering putus biasanya akan menunjukkan bahwa saluran listrik akan konslet atau terbakar.

Kondisi ini biasanya hendak memicu munculnya sikat karbon dan gulungan tembaga yang kemungkinan besar akan terbakar.

4. Daya Aki Melemah

Ciri-ciri dinamo starter yang rusak terakhir adalah baterai mobil yang mulai lemah atau bahkan aki sudah mulai soak.

Ketika aki mobil mulai habis, sistem starter mobil akan mulai melambat dan tidak memicu sistem pengapian. Kondisi seperti ini sangat mudah dikenali karena pada saat menyalakan mobil biasanya akan muncul suara starter yang tidak normal atau terputus-putus.

Ini menunjukkan tegangan listrik tidak mencukupi atau bahkan sangat rendah.Jika hal tersebut terjadi, periksalah aki mobil karena bisa jadi sambungan aki kotor atau konslet dan habis.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1615 seconds (10.177#12.26)