Tips Berkendara Sepeda Motor untuk Pemula

Senin, 18 Juli 2022 - 13:30 WIB
loading...
A A A
-Posisi duduk disesuaikan dengan tinggi badan dan relaks (hindari terlalu tegap / lurus karena akan membuat tubuh mudah lelah).

-Lutut menjepit / mendekap tangki untuk motor sport, sedangkan untuk motor matik posisi kaki / lutut masih di dalam area body motor, hindari kaki terbuka karena akan mengurangi keseimbangan dan potensi terkena kendaraan lain saat kondisi macet.

-Posisi telapak kaki lurus ke depan, ini memudahkan dalam melakukan pengereman dan juga perpindahan gear (untuk tipe motor sport dan bebek).

2.Pengereman

-Konsentrasi, pastikan kondisi di depan jaraknya cukup untuk melakukan pengereman dan tentukan titik mulai pengeremannya.

-Gunakan rem depan dan belakang secara halus dan bersamaan.

-Pastikan posisi motor dalam keadaan lurus (terutama untuk kecepatan menengah sampai tinggi).

3.Saat akan melewati tikungan / berbelok

-Sebelum tikungan, kurangi kecepatan (tutup gas, menurunkan gear, gunakan rem kombinasi depan dan belakang, ini dilakukan sebelum memasuki tikungan . dan pandangan melihat ke arah tikungan).

-Selama melewati / berada di tikungan, gunakan kecepatan yang bisa kita kendalikan, hindari menurunkan gear atau melakukan pengereman yang keras (hard braking), ini akan membuat keseimbangan motor berkurang.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1748 seconds (10.101#12.26)