Yamaha Tingkatkan Investasi dalam Teknologi Self-Driving

Sabtu, 23 Juli 2022 - 08:08 WIB
loading...
Yamaha Tingkatkan Investasi dalam Teknologi Self-Driving
Yamaha telah meningkatkan investasinya dalam teknologi mengemudi otonom dengan investasi ketiganya ke Tier IV Inc. Foto/visordown
A A A
TOKYO - Yamaha telah meningkatkan investasinya dalam teknologi mengemudi otonom dengan investasi ketiganya ke Tier IV Inc. Diketahui Tier IV adalah pengembang utama sistem operasi self-driving open-source Autoware.

Yamaha pertama kali berinvestasi di Tier IV pada Agustus 2017, sebelum berinvestasi lagi pada Juli 2019. Investasi terbaru ini, tiga tahun sejak komitmen terakhirnya, adalah yang ketiga untuk terus mempromosikan dan mengembangkan teknologi mengemudi otonom.

Dikutip dari laman visordown, Sabtu (23/7/2022), Tier IV adalah pemimpin pengembangan Autoware, yang merupakan sistem operasi mengemudi otonom (OS) open-source pertama. Menurut Yamaha Tier IV berkomitmen untuk "mendemokratisasi mengemudi otonom sehingga siapa pun dapat berkontribusi pada kemajuan teknologi.



Bersama Bridgestone dan investor lainnya, Yamaha telah membantu membawa total investasi di Tier IV menjadi 12,1 miliar Yen atau sekitar £74.000.000. Yamaha mengatakan bahwa teknologi mengemudi otonom yang mereka kembangkan dengan Tier IV dan investor lainnya ditujukan untuk "mengemudi otomatis kecepatan rendah dalam kondisi tertentu."

Yamaha mungkin saat ini tidak melihat teknologi otonom untuk sepeda motor. Namun, sulit untuk tidak percaya bahwa Yamaha berinvestasi dalam teknologi seperti itu jika pada akhirnya tidak akan digunakan untuk produk mereka sendiri.
Yamaha Tingkatkan Investasi dalam Teknologi Self-Driving


Sementara teknologi otonom mungkin tidak masuk akal pada Tenere 700 atau R1 misalnya, itu bisa bekerja pada sesuatu yang lebih praktis. Sebuah NEO, misalnya, atau E01, skuter yang ditujukan untuk menjadi kendaraan komuter praktis dalam kota.



Jadi, apakah kelanjutan investasi Yamaha dalam teknologi mengemudi otonom ini akan banyak berpengaruh pada produksi sepeda motor? Untuk saat ini, sama sekali tidak, dan ada kemungkinan tidak akan ada dampak di masa depan juga. Tapi, pada titik tertentu, tampaknya tak terelakkan bahwa teknologi 'mengendarai sendiri' akan diterapkan pada sepeda motor, setidaknya sebagai pilihan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1438 seconds (0.1#10.140)