Jangan Asal Beli, Pahami Perbedaan Oli Mesin Motor Matik Baru dengan yang Lama

Senin, 01 Agustus 2022 - 19:00 WIB
loading...
Jangan Asal Beli, Pahami Perbedaan Oli Mesin Motor Matik Baru dengan yang Lama
Oli atau pelumas untuk motor matik terbaru sangat berbeda dengan oli pelumas buat motor matik produksi lama. Foto/DOK. PTPL
A A A
JAKARTA - Jangan asal pakai pelumas tanpa panduan yang jelas. Pemilik motor matik perlu memahami ada perbedaan besar antara pelumas yang digunakan untuk motor matik baru dengan motor matik produksi lama.

Jadi pemilik motor matik memang tidak hanya harus melakukan penggantian pelumas secara periodik dan memahami spesifikasi pelumas. Mereka juga wajib mengerti jenis oli mesin yang dibutuhkan sesuai dengan tahun produksi motor matik itu. Baik itu yang baru mau pun lama.

Perlu diketahui dulu, bahwa spesifikasi oli motor matic berbeda dengan motor manual. Cara paling mudah untuk mengidentifikasinya ialah melihat kode JASO (Japanese Automotive Standard Association), di mana motor matic umumnya menggunakan JASO MB.

Selain JASO ada juga API Service yang dikeluarkan oleh American Petroleum Institute yang merupakan suatu kode standar dalam menentukan kualitas sebuah pelumas. Untuk oli mesin berbahan bakar bensin, diawali dengan huruf 'S' lalu diikuti dengan huruf kedua misal API SL atau API SN.

Baca juga : Harganya Tembus Setengah Miliar Lebih, Ini yang Bikin Pajero Sport Tetap Disukai

Jangan Asal Beli, Pahami Perbedaan Oli Mesin Motor Matik Baru dengan yang Lama


"Semakin tinggi hurufnya, maka makin tinggi pula kualitas oli mesin tersebut. Contohnya API SN memiliki tingkatan performa lebih tinggi dari API SJ. Tapi, pemilihannya juga harus memperhatikan tingkat kekentalan atau SAE yang tepat," ujar Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist PT.Pertamina Lubricants.

Nah tingkat kekentalan atau viskositas oli mesin juga dapat dilihat dari angka yang tertera pada kemasan. Misalnya pada oli dengan SAE 10W-30 dan SAE 20W-40. Tentu oli yang kedua memiliki tingkat kekentalan lebih tinggi.

“Sebaiknya memang memilih oli untuk motor matic juga dilihat tahun produksinya, karena teknologi yang lebih baru biasanya memang harus menggunakan oli dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Atau lihat saja manual book nya. Produsen pelumas seperti Pertamina Lubricants juga selalu mengembangkan produk-produk terbarunya berdasarkan kebutuhan dan spesifikasi motor terbaru,” jelas Brahma lebih lanjut.

Sebagai produsen pelumas nasional, PT Pertamina Lubricants (PTPL) memiliki beragam spesifikasi oli untuk menyesuaikan kebutuhan motor matic yang beredar di Indonesia. Khusus pelumas oli mesin motor matic, PTPL punya varian produk yang masuk ke dalam jajaran Enduro Matic.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1431 seconds (10.177#12.26)