Musuh dalam Selimut, Ini Penyebab Aki Mobil Meledak yang Bikin Panik Mendadak

Kamis, 04 Agustus 2022 - 17:00 WIB
loading...
Musuh dalam Selimut, Ini Penyebab Aki Mobil Meledak yang Bikin Panik Mendadak
Penyebab aki mobil meledak perlu dipahami. Salah satu penyebabnya adalah melakukan jumper aki yang tidak tepat. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Penyebab aki mobil meledak ternyata bak musuh dalam selimut. Tanpa disadari aki yang ada di balik kap mobil bisa meledak saat mesin mobil dinyalakan.

Tidak heran banyak orang yang panik mendadak ketika mengalami kejadian naas itu. Seperti yang dirasakan pengguna Facebook dengan akun Tamamun Ni'am beberapa waktu lalu.

Dia membagikan kondisi aki mobil miliknya yang sudah berantakan. Aki tersebut meledak ketika mesin mobil dinyalakan. "Baru distarter malah duarrr," tulisnya.

Sebenarnya aki memang bisa saja meledak. Pasalnya aki adalah komponen kelistrikan yang menghasilkan energi dari reaksi kimia dengan salah satu output berupa gas hidrogen.

Dari sifatnya, gas hidrogen sangat mudah terbakar ketika dekat dengan titik api. Jadi percikan api akan memapar gas hidrogen dan menimbulkan ledakan.

Baca juga : Tidak Terpengaruh Perang Rusia Ukraina, Lamborghini Cetak Rekor Penjualan

Nah, berikut ini beberapa faktor yang membuat aki bisa meledak yang perlu Anda cermati:

Musuh dalam Selimut, Ini Penyebab Aki Mobil Meledak yang Bikin Panik Mendadak


1. Sentuhan antar Pelat.

Bertambahnya usia pakai aki membuat larutan asam semakin berkurang dan pelat tak lagi terendam sehingga bisa membuat melengkung.

Saat kunci start diputar, permintaan tenaga listrik dalam jumlah besar untuk menggerakkan motor starter dapat menyebabkan pelat yang sudah bengkok menjadi lentur dan kemungkinan akan bersentuhan dengan pelat lain sehingga menimbulkan percikan api.

2. Kondisi Dua Kutub Aki Kotor

Ledakan pada aki saat menyalakan mesin mobil biasanya terjadi ketika kondisi kutub-kutub aki dan kabel kotor. Adanya kotoran menghambat jalannya arus listrik dan bisa menimbulkan loncatan bunga api.

Jadi, penting untuk melakukan pengecekan dan membersihkan aki secara teratur.

Baca juga : Unik, Shaun the Sheep Gabung dengan Misi NASA ke Bulan

Musuh dalam Selimut, Ini Penyebab Aki Mobil Meledak yang Bikin Panik Mendadak


3. Jumper Aki yang Tidak Tepat

Biasanya banyak pemilik mobil berupaya melakukan jumper aki saat mogok. Hanya saja banyak yang tidak tepat melakukannya. Kebanyakan pemilik salah kaprah dengan memasang kabel jumper ke aki yang bagus, kemudian menyambungkan ke aki yang lemah.

Hal itu justru bisa menyebabkan timbulnya percikan api. Usahakan untuk memasang kabel jumper pada aki yang lemah terlebih dahulu, sebelum disambungkan ke aki yang kondisnya masih baik.

4. Tersumbatnya Lubang Vent Plug Battery,

Vent Plug Battery berfungsi sebagai safety valve ketika tekanan di dalam aki meningkat imbas terbentuknya uap air atau gas hidrogen-oksigen akibat proses hidrolisis air saat proses charging berlangsung. Jika terjadi kondisi kotor di vent plug, maka potensi tersumbatnya vent plug akan semakin besar.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1067 seconds (10.101#12.26)