Adu Keren Mobil Listrik Indonesia dengan Punya Thailand

Senin, 08 Agustus 2022 - 18:29 WIB
loading...
Adu Keren Mobil Listrik Indonesia dengan Punya Thailand
Volt City EV (kiri) dan Wuling Air ev saat ini jadi mobil listrik termurah yang dijual di negara masing-masing. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Wuling Air ev jadi mobil listrik termurah produksi Indonesia sementara Thailand juga punya mobil listrik yang mereka produksi sendiri bernama Volt City EV.

Menariknya kedua mobil sama-sama menawarkan desain yang kompak. Begitu juga dengan harga yang sama-sama murah dibandingkan mobil listrik yang ditawarkan di negara masing-masing.

Saat ini Thailand memang lagi gencar-gencarnya meningkatkan populasi mobil listrik di negeri gajah putih itu. Selain membangun infrastruktur pendukung mobil listrik, pemerintah Thailand juga memberikan kebijakan fiskal yang menarik bagi semua pabrikan yang menjual dan memproduksi mobil listrik.

Tidak heran jika mobil-mobil listrik di Thailand sangat beragam. Ada yang dibuat oleh China, Eropa, Jepang hingga Thailand sendiri seperti Volt City EV.

Baca juga : Ngeri, 23.555 Ferrari Kena Recall karena Rem Bermasalah

Adu Keren Mobil Listrik Indonesia dengan Punya Thailand


Menariknya Volt City EV jadi mobil listrik termurah di Thailand saat ini. Bahkan secara keseluruhan jadi mobil yang harganya paling rendah dibanding mobil-mobil lain.

Begitu juga dengan Wuling Air ev yang memang saat ini jadi mobil listrik termurah yang diproduksi di Indonesia. Lalu seperti apa sih perbandingannya. Yuk cermati di bawah ini:

1. Desain

Dari segi desain Wuling Air ev dan Volt City EV sama-sama tampil kompak. Bedanya Volt City EV justru terkesan lebih mirip dengan mobil kompak buatan Mercedes-Benz, Smart.

Sebaliknya Wuling Air ev justru tampil orisinal. Meski pun ada bagian yang sama dengan Wuling Hongguang EV, mobil listrik buatan Wuling Indonesia itu justru tampil dengan desain karya anak bangsa.

2. Harga

Harga adalah faktor yang paling menentukan. Wuling Air ev memang belum diumumkan harga resminya. Namun Wuling Indonesia sudah mematok harganya sekitar Rp250 juta hingga Rp300 juta.

Di tempat lain Volt City EV justru lebih murah lagi. Hadir dalam tiga varian, Volt City EV memiliki tiga komposisi harga. Varian For-Two Classic dijual di harga 325.000 Baht atau setara Rp135 juta, For-Two Premium dijual di harga 355.000 Baht atau mencapai Rp147,55 juta.

Dua varian lainnya For-Four Classic dijual di angka 385.000 Baht atau Rp160 juta dan Four-Four Premium ada di harga 415.000 Baht atau mencapai Rp172,5 juta.

Baca juga : Ini Rencana Darurat NASA saat Rusia Tinggalkan Stasiun Luar Angkasa Internasional

Adu Keren Mobil Listrik Indonesia dengan Punya Thailand


3. Spesifikasi dan Jarak Tempuh

Wuling Air ev hadir dalam dua varian Standard Range dan Long Range. Untuk Standard Range dengan jarak tempuh sekitar 200 Km, kapasitas baterainya 18 kWh. Sedangkan Long Range dengan jarak tempuh sekitar 300 Km, kapasitasnya 26,5 kWh.

Sementara Volt City EV sedikit lebih pendek jarak tempuhnya. Varian For-Two dilengkapi dengan baterai 11,8 kWh dengan jarak tempuh 160 kilometer sednagkan varian termahal For-Four punya baterai 16,5 kWh dengan jarak tempuh 210 kilometer.

4. Dimensi

Dimensi Wuling Air ev dan Volt City EV nyaris sama. Wulung Air ev punya dimensi (P x L x T) 2.920 mm x 1.493 mm x 1.621 mm sedangkan Volt City EV hadir dengan dimensi (P x L x T) 2.920 mm x 1.499 mm x 1.610 mm.

Bedanya desain Wuling Air ev lebih boxy sedangkan Volt City EV lebih membulat.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1412 seconds (10.177#12.26)