Hadir di GIIAS 2022, Ini Line Up Bridgestone Selain Ban yang Bisa di Pakai di Bulan

Kamis, 18 Agustus 2022 - 01:30 WIB
loading...
Hadir di GIIAS 2022, Ini Line Up Bridgestone Selain Ban yang Bisa di Pakai di Bulan
Jajaran ban kendaraan yang hadir di GIIAS 2022/ FOTO/ IST
A A A
TANGERANG - Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show ( GIIAS ) 2022 ini, prototype Lunar Rover Tire yang dipamerkan PT Bridgestone Tire Indonesia berhasil menyedot banyak perhatian pengunjung yang ingin melihat dan berfoto dengan bukti keunggulan teknologi dan inovasi yang dipamerkan Bridgestone tersebut.

Sebagai latar belakang dari ban canggih ini, pada April 2019 Bridgestone ikut terlibat dalam misi eksplorasi luar angkasa internasional bersama Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA). Bridgestone mendapatkan misi untuk mengembangkan ban khusus yang dapat menahan kondisi keras di Bulan.



Tidak seperti di Bumi, permukaan Bulan dipenuhi campuran debu yang sangat halus, bermuatan listrik, abrasif, dan tajam. Belum lagi ditambah oleh bebatuan keras, dan puing-puing lainnya. Diperlukan bahan yang kuat untuk menghadapi semua itu.

Dalam misi “menaklukkan” Bulan, Bridgestone membentuk tapak ban yang terbuat dari bahan logam elastis seperti wol baja yang dibentuk menjadi tali tebal ban. Setiap ban memiliki tampilan dua ban yang ditempatkan tepat bersebelahan dengan tapak yang berlawanan yang terinspirasi dari pola kuku unta. Polanya membantu ban membawa beban tanpa menembus pasir terlalu dalam.

“Lunar Cruiser”, kendaraan yang akan membawa astronot JAXA melintas permukaan Bulan, direncanakan dilaksanakan pada akhir 2029, mengemban misi melintas dan mengeksplorasi permukaan Bulan sejauh 6.000 mil, dengan muatan hingga 4 orang astronot.

“Lunar Rover Tire merupakan bukti pencapaian Bridgestone dalam teknologi ban untuk mengembangkan solusi ban canggih. Tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami dapat menghadirkan prototype Lunar Rover Tire di GIIAS 2022,” kata Head of Consumer & Commercial Business PT Bridgestone Tire Indonesia, Keisuke Nakakoji.

Tak cuma prototype Lunar Rover Tire, pada ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia yang berlangsung 11 -21 Agustus, di ICE BSD, Tangerang ini Bridgestone kembali menghadirkan juga jajaran produk ban berkualitas tinggi hasil dari teknologi dan inovasi dari Bridgestone.

Seperti line up produk ban yang ditujukan untuk kendaraan tipe Sport Utility Vehicles (SUV), baik untuk medium SUV yaitu Dueler series yang terdiri dari Dueler M/T 674, Dueler A/T 697, Dueler H/T 684, maupun untuk SUV premium yang diwakili oleh Alenza 001.

Selain itu Bridgestone juga membawa Turanza T005A. Dirancang dengan teknologi tinggi Bridgestone, T005A mampu menyajikan perjalanan yang aman dan nyaman. TURANZA T005A memberikan kenyamanan berkendara melalui tingkat kebisingan yang rendah dan menjamin keselataman baik untuk perjalanan jarak dekat maupun jarak jauh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3447 seconds (0.1#10.140)