Sinyal Kawasaki Siap Meluncurkan Motor Hybrid Semakin Kuat

Kamis, 18 Agustus 2022 - 11:44 WIB
loading...
Sinyal Kawasaki Siap Meluncurkan Motor Hybrid Semakin Kuat
Pada ajang balap Suzuka 8 Hour baru-baru ini di Jepang, Kawasaki mengejutkan dunia dengan menunjukkan bukan hanya satu, tapi dua model prototipe sepeda motor bertenaga listrik dan model hybrid. FOTO/ CycleWorld
A A A
TOKYO - Tahun lalu, Kawasaki mengungkapkan rencana untuk menawarkan sepeda motor listrik pada tahun 2035, dengan setidaknya 10 model hybrid pada tahun 2025.

Pada ajang balap Suzuka 8 Hour baru-baru ini di Jepang, Kawasaki mengejutkan dunia dengan menunjukkan bukan hanya satu, tapi dua model prototipe sepeda motor bertenaga listrik dan model hybrid.

BACA JUGA - Kawasaki Siap Hadirkan Motor dengan Sistem Hybrid Serial Parallel

Motor naked ini adalah sepeda motor listrik sepenuhnya. Unit prototipe awal yang ditampilkan sebelumnya menampilkan kinerja yang setara dengan kelas 125 cc, lengkap dengan transmisi manual empat kecepatan, tetapi datang dengan satu kelemahan nyata - terlalu berat!

Seperti dilansir dari CycleWorld, karena unit prototipe memiliki paket baterai besar permanen dan sistem pengisian CHAdeMO yang sama dengan EV di pasaran.

Unit prototipe terbaru yang muncul di Suzuka mengambil pendekatan yang berbeda, membuang paket baterai besar dan transmisi empat kecepatan demi paket baterai yang dapat ditukar dan powertrain kecepatan tunggal penggerak langsung.

Sebagian besar panel bodi sepeda motor listrik ini banyak dipinjam dari model yang sudah tersedia di pasaran seperti Z250/Z400.

Perbedaan mencolok tentu saja adalah mesin pembakaran internal yang diganti dengan drivetrain motor listrik, paket baterai yang digantung di bawah, serta desain 'tangki bahan bakar' yang dapat dibuka - berpotensi menampung baterai penyimpanan tambahan di bagian itu.

Berdasarkan unit prototipe yang dipamerkan, itu menunjukkan desain siap produksi tanpa stiker kamuflase.

Pada motor hybrid ini menggunakan mesin tipe parallel-twin yang masih dilengkapi dengan sistem pembuangan, namun dengan cover mesin yang sedikit berbeda di sisi kiri dan kanannya.

Belum ada informasi mengenai perpindahan mesin pada model hybrid ini, namun kemungkinan besar akan menggunakan pulsa perpindahan yang besar berdasarkan penggunaan rem cakram kembar di bagian depan.

Ada juga komponen yang dipinjam dari Ninja 650 seperti garpu depan, spatbor depan bahkan kaliper rem.

Selain bagian muka depan yang menampilkan elemen desain khas Kawasaki (dan lampu depan berwarna hijau), bagian belakang tampak penuh dengan sistem baterai 48 volt yang digunakan untuk sistem hybrid mesin ini.

Baterai 12 volt lain yang lebih kecil didedikasikan untuk sistem kelistrikan konvensional sepeda motor.

Sistem hibrid alat berat ini dilengkapi dengan motor listrik yang dipasang di atas transmisi, dan terhubung ke girboks semi-otomatis melalui kopling yang dikontrol secara elektronik.

Hal ini memungkinkan mesin hybrid kawasaki ini dapat dikendarai dengan menggunakan tenaga listrik saja, terutama di area zero emission, atau menggunakan tenaga mesin dan kopling motor listrik saat dibutuhkan, tanpa perlu pengoperasian kopling manual seperti biasa pada mesin Kawasaki.

Secara teori, motor hybrid ini mampu menawarkan akselerasi dan top speed terbaik yang bisa menandingi motor berkapasitas 650 cc, dan konsumsi bahan bakar yang jauh lebih baik daripada motor konvensional 400 cc.

Kawasaki diperkirakan akan meluncurkan dua model sepeda motor listrik dengan performa setara dengan model berkapasitas 125 cc untuk pasar Amerika pada tahun 2023.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1423 seconds (10.177#12.26)