Proton Exora, si Penantang Avanza dari Malaysia Kini Makin Canggih

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 14:56 WIB
loading...
Proton Exora, si Penantang Avanza dari Malaysia Kini Makin Canggih
Proton Exora mendapatkan banyak fitur baru meski tetap mempertahankan desain klasik. Foto/Paultan.
A A A
MALAYSIA - Mobil MPV dari Malaysia, Proton Exora yang pernah jadi penantang Toyota Avanza kini makin canggih berkat fitur baru. Mobil yang dulunya pernah dibawa oleh Proton Edar Indonesia (PEI) itu kini mendapatkan banyak sentuhan baru.

Berbagai sentuhan baru itu cukup bisa membuat masyarakat Indonesia berharap mobil MPV negeri jiran itu bisa datang lagi ke Indonesia. Lalu apa saja perubahannya?

Dilaporkan Paultan, Proton Exora hadir dalam dua varian yakni Premium dan Executive. Proton Exora Executive sebagai produk entry level dijual di harga 62.800 Ringgit atau mencapai Rp207,4 juta sedangkan produk flagship, Proton Exora Premium ada di harga 69.800 Ringgit atau setara Rp230,5 juta.

Kedua varian dibekali dengan mesin empat silinder 1,6 liter turbo. Mesin itu bisa menggelontorkan tenaga sebesar 140 PS dan torsi 205 Nm. Tenaga itu jauh lebih besar dibandingkan dengan Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza yang juga dijual di Malaysia.

Menariknya lagi mobil MPV kebanggaan Malaysia itu juga dilengkapi teknologi canggih yakni Voice Command atau Perintah Suara dan koneksi internet 4G. Jadinya mobil itu bisa digunakan untuk jadi WiFi Hotspot.



Proton Exora, si Penantang Avanza dari Malaysia Kini Makin Canggih


Ada fitur lain yang juga unik yakni penggunaan kabin filter N95. Penggunaan kabin filter N95 itu membuat interior Proton Exora bebas dari virus.

Berbeda dengan sebelumnya, kali ini Proton justru memasang jok kulit untuk kedua varian. Hanya saja Proton tetap memberikan sentuhan berbeda antara Proton Exora Premium dengan Proton Exora Executive.

Proton Exora Premium, sebagai varian termahal, mendapatkan paket body kit yang membuatnya terlihat atraktif. Contohnya rear spoiler, side skirt, black roof dan black tailgate garnish.



Proton Exora, si Penantang Avanza dari Malaysia Kini Makin Canggih


Proton Exora Premium juga mendapatkan lampu utama LED dengan DRL. Beda dengan Proton Exora Executive yang masih mengandalkan lampu utama halogen.

Meski mendapatkan sentuhan-sentuhan canggih dan berkelas, masih banyak masyarakat Malaysia yang mengkritisi Proton Exora baru. Pasalnya desain mobil MPV Proton itu masih setia dengan desain lama.

Memang ada beberapa penambahan elemen yang membuatnya jadi lebih beda. Hanya saja mayoritas desain yang lama tetap dipertahankan.

Roslan Abdullah, Deputy CEO Proton mengatakan Proton Exora adalah mobil MPV dalam negeri Malaysia pertama yang dibuat dengan memikirkan apa yang dibutuhkan warganya. "“Dengan pembaruan terbaru ini, kami menjadikannya lebih baik bagi pengemudi dan penumpang. Mobil ini telah terjual 180.000 unit selama 13 tahun, Proton Exora adalah MPV C-Segment terlaris di Malaysia dan hingga hari ini mempertahankan posisi itu," jelasnya.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0853 seconds (0.1#10.140)