Begini Tips Memperbaiki Rem Master Sepeda Motor, Perjalanan Jadi Aman dan Nyaman

Kamis, 25 Agustus 2022 - 15:15 WIB
loading...
Begini Tips Memperbaiki Rem Master Sepeda Motor, Perjalanan Jadi Aman dan Nyaman
Sebelum berkendara menggunakan sepeda motor, sebaiknya memperhatikan semua kondisi sepeda motor, terutama master rem yang terdapat di bagian depan kanan. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebelum berkendara menggunakan sepeda motor , sebaiknya memperhatikan semua kondisi sepeda motor, terutama master rem yang terdapat di bagian depan kanan. Master rem sepeda motor mempunyai fungsi yang vital agar berkendaraan aman dan nyaman.

Tentu berbahaya sekali jika rem master sepeda motor tidak dapat digunakan atau blong, karena dapat mengakibatkan kecelakaan. Berikut adalah tips untuk meperbaiki rem master sepeda motor ketika mengalami masalah.

1. Pastikan area untuk memperbaiki rem master sepeda motor bersih. Siapkan kursi serta meja yang cukup. Tak lupa anda juga harus menyiapkan kain bekas dan air untuk mengelap minyak rem master yang keluar dari sepeda motor.

2. Menyiapkan kunci T10 dan T12, obeng plus dan tang spi. Kemudian lepas kaca spion terlebih dahulu sebelum membuka rem master sepeda motor.



3. Lepas tuas rem dengan kunci T10, dan lepaskan boot karet yang menutupi ujung piston sepeda motor

4. Ambil tang spi dan lepaskan ring penjepit dari ujung piston master rem.

5. Setelah itu, keluarkan piston dan pegas kemudian periksa serta bersihkan bekas kampas rem sepeda motor menggunakan kain dan air yang bersih. Jika bagian dalamnya terkorosi, maka harus mengganti master silinder dengan yang baru.

6. Kemudian pasang dan lumasi piston master rem sepeda motor yang baru lalu masukkan piston master menggunakan tang cucut.



7. Pasangkan pegas yang baru, hal ini perlu diperhatikan karena kemungkinan pegas akan menempel pada segel atau piston, sehingga akan lebih lebar di salah satu ujungnya.

8. Setelah selesai pasangkan boot, dan taruh sedikit pelumas ke bagian belakang boot karet baru. Pastikan boot masuk ke dalam alur di badan silinder dan diujung piston.

9. Pasang kembali tutup silinder karet ke sepeda motor yang di barengkan dengan pemasangan tuas rem. Hal ini harus diperhatikan dengan seksama, karena ditakutkan minyak rem akan merusak body sepeda motor

10. Jika sudah dilakukan semua, segera cek volume dan kondisi minyak rem dengan memutar roda sepeda motor dan tekan ruas rem

11. Terakhir pastikan dan atur penggunaan rem master sepeda motor, apakah dapat bekerja secara normal dan optimal serta tidak adanya kebocoran yang terjadi.

Penyebab Rem Master Sepeda Motor Rusak
1. Menipisnya minyak rem master
Umumnya minyak rem master seped motor harus diganti setiap 1 tahun sekali. Hal ini harus dilakukan untuk mengetahui bagaiana kuliatas minyak rem master pada sepeda motor.

2. Kanvas rem yang semakin aus
Minyak rem master sepeda motor yang cepat habis disebabkan karena kanvas rem yang aus. Hal ini akan membuat rem menjadi blong dan sangat berbahaya ketika anda melewati jalanan yang menurun.

3. Selang minyak rem master terlalu panas
Jika selang minyak rem sepeda motor memiliki suhu yang panas, maka kualitas minyak rem akan menurun dan sepeda motor tidak dapat di kendalikan.

4. Tersumbatnya aliran minyak rem master
Penyumbatan ini biasana terjadi karena kotoran yang menumpuk, karena jika bolong sedikit saja maka saluran minyak akan mengalami penyumbatan, sehingga rem master sepeda motor tidak dapat berfungsi.

MG/Amatu Syukur Naimah
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1681 seconds (0.1#10.140)