Alat yang Selalu Ada di Mobil Offroad saat Terobos Medan Berat

Sabtu, 03 September 2022 - 01:04 WIB
loading...
Alat yang Selalu Ada di Mobil Offroad saat Terobos Medan Berat
Tali inilah akan diikatan untuk recovery atau menarik kendaraan sesuai kebutuhan. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Menjelajahi medan offroad, menaklukkan rintangan yang berat, memang menjadi tantangan yang bisa membawa kenikmatan tersendiri bagu penikmat offroad.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh offroader. Salah satunya dengan memahami terlebih dahulu jenis atau medan offroad yang akan ditempuh.

BACA JUGA - Sebelum Beli Yamaha WR 155R, Konsumen Boleh Jajal di Medan Offroad

Kegiatan offroad sendiri dapat terbagi menjadi beberapa jenis pilihan, seperti fun off-road, extreme off-road, speed off-road, adventure off-road dan touring off-road.

Hal ini penting untuk dipahami agar seseorang bisa memilih kegiatan offroad sesuai dengan kemampuan dan jenis kendaraan yang dibutuhkan.

Komponen yang tidak terpisahkan dari winch adalah tali winch atau juga dikenal sebagai sling/kabel winch. Tali inilah akan diikatan untuk recovery atau menarik kendaraan sesuai kebutuhan.

Menurut Hendri, marketing dari PT. Pionir Jaya Eramitra Eka Pratama Jakarta (Pionir Jeep), tali sling alat recovery winch ini dibagi menjadi dua jenis yakni wire rope dan synthetic rope.

“Wire rope itu jenis sling-nya besi, sedangkan synthetic rope itu jenis sling-nya sintetis,” ujarnya.
Berat kedua jenis kabel winch ini juga berbeda. Untuk sling wire rope memiliki berat hingga sekitar 25 kilogram sedangkan synthetic rope sekitar 7 sampai dengan 10 kilogram.

“Sling wire rope lebih berat bobotnya. Bahaya ketika putus karena bahannya dari besi, tapi sangat aman kalau ketemu dengan medan bebatuan,” lanjut Hendri.

Tipe wire rope ini berbeda dengan sling synthetic rope- atau sering juga disebut plasma- yang memiliki bobot lebih ringan dan ketika putus tidak membahayakan karena bahannya dari sintetik.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1411 seconds (11.252#12.26)