Mengenal Arti Warna Pelat Kendaraan Baru yang Segera Diterapkan di Indonesia

Kamis, 08 September 2022 - 17:49 WIB
loading...
Mengenal Arti Warna Pelat Kendaraan Baru yang Segera Diterapkan di Indonesia
Arti pelat kendaraan di Indonesia mungkin belum sepenuhnya dipahami oleh masyarakat. Foto DOK Korlantas Polri
A A A
JAKARTA - Arti pelat kendaraan di Indonesia mungkin belum sepenuhnya dipahami oleh masyarakat. Untuk diketahui, sebelumnya muncul sebuah wacana mengenai pergantian warna pelat nomor kendaraan dari warna hitam menjadi putih.

Dikutip dari laman Korlantas Polri , pihak terkait melalui Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor menggantikan Peraturan Kepala Kepolisian Nomor 5 Tahun 2012 tentang Registrasi Kendaraan dan Identifikasi Kendaraan Bermotor memutuskan untuk mengganti warna pelat nomor kendaraan yang tadinya menggunakan dasar hitam menjadi putih.

Baca juga : Perubahan Warna Pelat Kendaraan Dimaksimalkan Pertengahan Juni

Melihat dari tujuannya sendiri, alasan perubahan warna pelat nomor ini digunakan untuk mendukung program tilang elektronik atau disebut Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Korlantas Polri mengklaim bahwa program tilang elektronik yang sudah diberlakukan di sebagian wilayah masih kurang efektif karena kamera ETLE terkendala mengidentifikasi pelat kendaraan warna hitam dengan teks putih.

Belakangan, wacana pemberlakuan aturan tersebut kembali menguat. Dalam hal ini, Polri berusaha untuk mengoptimalkan perubahan warna pelat kendaraan terbaru pada pertengahan Juni 2022. Nantinya, secara bertahap aturan tersebut akan segera direalisasikan ke seluruh wilayah Indonesia.

Rencananya, akan ada empat jenis warna pelat kendaraan bermotor yang baru. Hal ini sebagaimana yang tertera dalam Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

Baca juga : Perubahan Warna Pelat Kendaraan dari Hitam ke Putih Dilakukan Bertahap

Berikut empat warna pelat kendaraan baru yang akan diberlakukan di Indonesia.

1. Warna Putih
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5033 seconds (0.1#10.140)