Deretan Bus Masa Depan, Begini Tampilan dan Kecanggihannya

Rabu, 28 September 2022 - 17:37 WIB
loading...
Deretan Bus Masa Depan, Begini Tampilan dan Kecanggihannya
Mengikuti perkembangan zaman, perusahaan berlomba-lomba menghadirkan bus-bus premium demi kenyamanan penumpang. Foto/Scania
A A A
JAKARTA - Bus menjadi salah satu moda transportasi favorit masyarakat Indonesia. Selain dapat mengangkut banyak penumpang, bus juga memiliki tarif perjalanan relatif lebih terjangkau.

Mengikuti perkembangan zaman, perusahaan berlomba-lomba menghadirkan bus-bus premium demi kenyamanan penumpang. Beragam teknologi dan inovasi juga diterapkan untuk kebutuhan di masa depan. Berikut adalah beberapa bus dengan konsep masa depan yang menarik perhatian.

Scania NXT
Deretan Bus Masa Depan, Begini Tampilan dan Kecanggihannya


Perusahaan bus Scania berencana akan mengenalkan konsep bus di masa depan yang menggunakan sumber tenaga dari baterai. Selain itu, bus dapat melaju secara otonom dan tidak lagi menggunakan mesin pembakaran internal.

Bus ini diperkenalkan dengan nama Scania NXT. Kendaraan konsep perkotaan listrik tanpa baterai dari Scania yang baru ini dirancang dengan fleksibilitas untuk beralih dari mengangkut penumpang ke dan dari tempat kerja di pagi dan sore hari, mengirimkan barang di siang hari dan mengumpulkan sampah di malam hari.

Baca juga; Ini Bus-bus Mewah yang Bikin Perjalanan Mudik Serasa Sultan

NXT adalah visi masa depan untuk transportasi di perkotaan. NXT dirancang untuk tahun 2030 dan seterusnya, sambil menggabungkan beberapa fitur mutakhir yang sudah tersedia. Ide awal kemunculan NXT adalah merancang satu kendaraan yang akan memenuhi semua persyaratan kota, sambil mengikuti peraturan dan tuntutan yang berbeda dalam mengangkut barang dan orang.


Xoupir
Deretan Bus Masa Depan, Begini Tampilan dan Kecanggihannya


Insinyur asal Kanada, Charles Bombardier, memperkenalkan desain konsep kendaraan masa depan. Ia bukan membuat rancangan mobil sport, melainkan sebuah angkutan umum jenis bus dengan konsep futuristis yang diberi nama Xoupir.

Xoupir dirancang sebagai kendaraan umum ramah lingkungan karena mengandalkan listrik sebagai sumber tenaga. Selain itu, bus ini dilengkapi dengan on-board WiMax Station untuk akses internet ultracepat bagi penumpang di dalamnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2234 seconds (11.97#12.26)