Cara Mengatasi Kabin Mobil Bau Asap Knalpot, Lakukan Langkah Ini!

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 16:23 WIB
loading...
Cara Mengatasi Kabin Mobil Bau Asap Knalpot, Lakukan Langkah Ini!
Cara mengatasi kabin mobil bau asap knalpot penting diketahui. Foto: shutterstock
A A A
JAKARTA - Cara mengatasi kabin mobil bau asap knalpot penting diketahui. Sebab, jika tidak diatasi tentu akan menggangu kenyamanan berkendara. Bahkan juga kesehatan.

Tapi, mengapa bau asap knalpot bisa muncul walau pintu dan kaca mobil tertutup rapat? Ternyata penyebabnya ada beberapa hal. Seperti yang dilansir Auto2000.

Pertama adalah kualitas ventilasi mobil yang buruk. Terutama karet penutup yang ada di jendela pintu mobil.

Bisa jadi karet penutup sudah getas atau mengalami kerusakan. Maka udara yang ada di luar mobil dapat menyelinap ke dalam celah-celah karet. Agar kejadian serupa tak terulang maka segeralah lakukan pengecekan.

Selain karena karet penutup yang sudah tidak berfungsi dengan baik, masalah kabin mobil bau asap knalpot juga bisa terjadi karena masalah pada AC mobil. AC mobil dapat menimbulkan bau tidak sedap seiring pemakaian, salah satu bau tidak sedap yang muncul adalah bau asap.

Masalah ini terjadi karena kesalahan dalam mengganti oli kompresor. Penting untuk diketahui bahwa mengganti oli kompresor tidak boleh asal-asalan.
Melainkan harus sesuai tipe dan standar oli kompresor yang digunakan sebelumnya.

Setiap mobil juga memiliki jumlah takaran berbeda-beda. Untuk itu, pastikan penggantian oli kompresor dilakukan oleh montir profesional.

Jika kabin mobil sudah terlanjur bau asap knalpot, maka yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah memperbaiki dua masalah yang disebutkan. Selanjutnya, buka pintu dan jendela mobil lebar-lebar.



Biarkan udara di dalam kabin bersirkulasi dengan udara baru yang lebih segar hingga bau asap knalpot benar-benar hilang. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kabin setelahnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0943 seconds (0.1#10.140)