Kalahkan Amerika Serikat, Provinsi Guangdong Punya Pengisian Daya Mobil Listrik Terbanyak

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 09:43 WIB
loading...
Kalahkan Amerika Serikat, Provinsi Guangdong Punya Pengisian Daya Mobil Listrik Terbanyak
Provinsi Guangdong, wilayah pesisir yang berbatasan dengan Hong Kong, telah membangun ratusan ribu titik pengisian umum daya kendaraan listrik dalam beberapa tahun terakhir. Foto/Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
BEIJING - Provinsi Guangdong , wilayah pesisir yang berbatasan dengan Hong Kong, telah membangun ratusan ribu titik pengisian umum daya kendaraan listrik dalam beberapa tahun terakhir. Tercatat ada 345.126 pengisi daya publik dan 19.116 stasiun pengisian daya pada akhir September 2022.

Guangdong pun memiliki jaringan pengisian daya kendaraan listrik terbesar di China, yang meningkat lebih dari dua kali lipat dibanding tahun lalu. Bahkan menurut data BloombergNEF, jumlah itu sekitar tiga kali lebih banyak pengisi daya publik di seluruh Amerika Serikat (AS).

Analisis BloombergNEF menghitung ada sekitar 112.900 pengisi daya publik di seluruh AS dan 442.000 pengisi daya di Eropa pada akhir 2021, kalah dibandingkan dengan China yang berjumlah 1,15 juta. Bahkan hanya dalam 12 bulan terakhir, China menambahkan 592.000 pengisi daya publik, lebih banyak dari jumlah total yang diinginkan pemerintahan Biden pada tahun 2030.

Baca juga; Arab Saudi Rambah Bisnis Mobil Listrik, Target Ekspor 150.000 Kendaraan pada 2026

Tiang pengisian ini dipasang oleh operator utilitas pihak ketiga, perusahaan listrik milik negara, dua terbesar di antaranya adalah State Grid Corp dari China dan China Southern Power Grid. Ditambah dari pembuat mobil listrik seperti Tesla Inc dan Nio Inc dari China dan Xpeng Inc.

Tesla mengoperasikan lebih dari 8.700 gerai Supercharger di 370 kota di China, kira-kira seperempat dari jaringan Supercharger globalnya. Di Guangdong, pengisian daya di mana-mana juga meningkatkan kepemilikan mobil listrik.

Bahkan menurut Biro Statistik Guangdong, penjualan kendaraan listrik melonjak 151% pada paruh pertama tahun ini. Provinsi Guangdong sekarang memiliki lebih dari 1,4 juta kendaraan listrik, pangsa tertinggi di China menurut platform Pemantauan dan Manajemen Nasional untuk Kendaraan Energi Baru.

Baca juga; Indonesia Targetkan 2 Juta Motor Listrik pada 2025
Kalahkan Amerika Serikat, Provinsi Guangdong Punya Pengisian Daya Mobil Listrik Terbanyak


“Dengan lebih banyak pengisi daya, kekhawatiran tentang daya jangkauan sedikit berkurang. Oleh karena itu, penjualan kendaraan listrik naik,” kata David Zhang, seorang analis otomotif yang juga dekan Institut Teknologi Energi Baru Jiangxi dikutip SINDOnews dari laman straitstimes, Sabtu (22/10/2022).

Pemerintah provinsi Guangdong juga menggandakan produksi kendaraan listrik. Satu dari delapan mobil listrik yang dijual di China kini dibuat di Guangdong. Dari Januari hingga Juli, produksi kendaraan listrik lokal melonjak lebih dari dua kali lipat dari tahun sebelumnya.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1906 seconds (11.252#12.26)