Rawat Komponen Tetap Aman dan Nyaman, Ini Cara Mematikan Mesin Mobil yang Benar

Rabu, 26 Oktober 2022 - 16:00 WIB
loading...
Rawat Komponen Tetap Aman dan Nyaman, Ini Cara Mematikan Mesin Mobil yang Benar
Cara mematikan mesin mobil yang benar akan membuat komponen mobil lebih awet dan aman. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Cermati cara mematikan mesin mobil yang benar agar tidak merugikan Anda kemudian hari. Jangan sampai aki malah cepat tekor dan komponen lainnya malah mudah rusak.

Alah biasa karena biasa. Banyak orang tidak cermat dalam mematikan mesin mobil karena kebiasaan. Pada umumnya kebanyakan pemilik mobil langsung mematikan mesin mobil dengan cara memutar kunci mobil di lubang kunci ke posisi OFF.

Padahal cara itu semestinya bisa dihindari. Pasalnya cara seperti itu justru akan membuat mesin mobil akan bekerja lebih berat ketika dinyalakan kembali.

Apalagi di musim penghujan ini dimana banyak pengemudi mobil lupa menonaktifkan wiper setelah melewati hujan. Alhasil keytika mobil dinyalakan kembali aki mobil bekerja lebih keras dari biasanya.

Baca juga : Lebih Mahal dari New Vario 125, Ini Keunikan Suzuki Avenis 125

Begitu juga dengan sistem pendingin ruangan mobil atau air conditioner (AC) yang kerap lupa dinonaktifkan setiap kali mobil selesai digunakan. Padahal AC justru butuh tegangan arus yang besar setiap kali bekerja. Jadi bayangkan saja jika mesin mobil yang pertama kali dinyalakan harus melakukan banyak hal karena AC mobil sudah langsung aktif.

Lalu bagaimana cara mematikan mesin mobil yang benar? Cermati langkah berikut ini agar komponen mobil lebih aman dan awet:

1. Selalu Tempatkan Posisi Transmisi di Posisi P atau Netral

Setiap mobil harus berhenti dalam kondisi yang baik ketika mesin mobil dimatikan. Untuk mobil transmisi otomatis pastikan tuas transmisi ada dalam posisi P atau Park.

Untuk mobil transmisi manual selalu pastikan tuas transmisi dalam posisi netral. Tentu hal ini dilakukan untuk keamanan pengemudi apabila mesin mobil dinyalakan kembali.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2412 seconds (10.101#12.26)