Kenali Perbedaan Oli Sintetik dan Oli Mesin Mobil Mineral

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 15:04 WIB
loading...
Kenali Perbedaan Oli Sintetik dan Oli Mesin Mobil Mineral
foto: doc. Oli Top1
A A A
JAKARTA - Bukan hal yang aneh jika kendaraan keluaran terbaru harus menggunakan oli sintetik. Tapi tahukah Anda apa alasannya? Ini karena zat sintetis menawarkan beberapa manfaat untuk mobil Anda dan akan memperpanjang umur mesinnya.

Engineer merancang formulanya untuk menjaga mesin kehausan lebih lama dan membuat kinerjanya lebih halus. Perbedaan paling signifikan antara oli mineral dan oli sintetis terletak pada tingkat molekuler yang tidak terlihat oleh siapa pun.

Molekul yang bentuknya tidak beraturan ini menyusun oli mineral dan ini semua secara berkala bekerja melawan satu sama lain saat bergerak melalui mesin. Hal ini menyebabkan mesin bekerja lebih keras dan membakar oli lebih cepat.

Namun, produsen memecah minyak sintetis menjadi molekul dasar melalui proses seperti penyulingan dan pemurnian. Memanfaatkan metode tersebut berdampak pada minyak mentah dengan membantu menghilangkan kontaminan.

Hal ini juga memungkinkan molekul untuk beradaptasi dengan mekanisme mesin modern di mobil-mobil terbaru. Molekul khusus dalam oli sintetik melindungi mesin lebih efisien daripada oli berbasis mineral. Alhasil, masa pakai oli menjadi lebih panjang, tarikan enteng, dan Anda tak perlu keluar banyak uang untuk sering-sering ganti oli.

1. Oli Mineral
Oli mineral dibuat dari bahan base oil dari pengolahan minyak bumi, yang disempurnakan. Kemudian bahan base oil ini diperkaya dengan berbagai zat aditif untuk meningkatkan kemampuan serta fungsinya.

Namun, oli mineral dianggap kurang ideal untuk motor baru yang rata-rata membutuhkan oli encer. Meski demikian, ada sejumlah kelebihan oli mineral yang perlu dipertimbangkan. Saat piston maupun blok piston mobil Anda masih baru, maka sebaiknya pakailah oli mineral.

2. Oli Semi Sintetik
Oli semi sintetik atau sering dipasarkan sebagai synthetic blend oil pada dasarnya adalah campuran antara oli mineral dan oli sintetik. Pencampuran dalam persentase khusus ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan oli mineralnya.

Kelebihan oli jenis semi sintetik ini adalah lebih stabil dibandingkan oli mineral. Selain itu, range viskositasnya lebih lebar ketika mesin bekerja di suhu rendah atau suhu tinggi.

Kelebihan lainnya dari oli sintetik adalah kadar penguapannya lebih rendah, mampu melumasi, dan melapisi komponen metal dengan lebih baik serta gesekan antar logam.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2264 seconds (11.97#12.26)