7 Cara Mengatasi Ban Tubeless Sering Kempes, Pemilik Kendaraan Wajib Tahu

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 08:11 WIB
loading...
7 Cara Mengatasi Ban Tubeless Sering Kempes, Pemilik Kendaraan Wajib Tahu
Ada beberapa cara mengatasi ban tubeless yang sering kempes. Foto/Auto2000
A A A
JAKARTA - Ban tubeless menjadi favorit para pemilik kendaraan karena dapat menghemat biaya perawatan akibat kebocoran. Meski begitu, tidak menjamin bahwa ban jenis ini tidak dapat kempes .

Ban tubeless tidak menggunakan ban dalam sehingga jarang mengalami kebocoran atau kempes. Biasanya sejumlah faktor yang menyebabkan kempes adalah kualitas dari ban tersebut.

Meski begitu, terdapat juga faktor eksternal yang memengaruhi kempesnya ban tubles. Seperti tertancap benda tajam, atau pelek motor atau mobil yang bengkok.

Untuk meminimalisir hal tersebut, berikut cara mengatasi ban tubeless yang sering kempes.

Cara Mengatasi Ban Tubeless Sering Kempes


1. Rajin Memeriksa Tekanan Udara Secara Berkala


Pastikan untuk memeriksa tekanan udara ban secara teratur sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Tekanan yang tidak sesuai bisa menyebabkan kempes atau ban aus lebih cepat.


2. Memeriksa Kondisi Ban


Ketika baru mengganti ban tubeless, pastikan ban dalam kondisi baik dan tidak memiliki goresan, tusukan, atau retakan yang bisa menyebabkan kebocoran udara.



3. Lakukan Pemasangan yang Benar


Selain memeriksa kondisi ban tubeless, pastikan juga ban terpasang dengan benar di peleknya. Jika pemasangan tidak sempurna maka bisa menyebabkan kebocoran udara.

4. Memeriksa Pentil dan Sekelilingnya


Pastikan pentil ban tubeless dan sekitarnya tidak ada kotoran atau benda-benda kecil yang bisa menyebabkan kebocoran.

5. Periksa Sealant


Beberapa ban tubeless dilengkapi dengan cairan segel (sealant) di dalamnya. Jika ada tumpahan cairan ini, bisa mengakibatkan kempes. Pastikan segel dalam kondisi baik dan tidak bocor.

6. Menjaga Kecepatan Ketika Berkendara


Menjaga kecepatan dan teliti ketika berkendara juga penting. Terlalu cepat melewati hambatan seperti polisi tidur atau lubang bisa menyebabkan tekanan berkurang tiba-tiba dan mengakibatkan kempes.

7. Memeriksa Pelek


Sebelum memasang ban tubeless baru, sebaiknya periksalah terlebih dahulu pelek kendaraan. Apabila bengkok sebaiknya diganti terlebih dahulu. Pelek ban yang bengkok atau rusak juga bisa menyebabkan kempes.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2009 seconds (0.1#10.140)