Meluncur Perdana, Ini Hal-hal Besar dari SUV Kecil Honda WR-V

Rabu, 02 November 2022 - 19:00 WIB
loading...
Meluncur Perdana, Ini Hal-hal Besar dari SUV Kecil Honda WR-V
Honda WR-V mulai dijual di harga Rp271,9 juta hingga Rp309,9 juta on the road. Foto-foto/SINDONEWScom-Wahyu Sibarani
A A A
JAKARTA - Apa yang Anda bayangkan dari sebuah Small SUV? Ruangan yang sempit, kabin yang tidak begitu lega, kemampuan bagasi yang terbatas, hingga fitur yang tidak terlalu komplet? Bayangan itu tidak bisa disalahkan mengingat namanya yang sangat sesuai, small SUV yakni mobil SUV yang kecil ukurannya.

Hanya saja hal itu yang coba dipatahkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) saat melakukan debut perdana secara global, Honda WR-V di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (2/11/2022) ini.

“Biasanya small SUV punya head room dan knee room yang sangat terbatas. Honda WR-V justru memiliki ruangan kepala dan kaki yang sangat lapang di kelasnya. Kami mendesain secara khusus agar hal itu bisa terwujud,” ujar Poychat Ua Arayaporn, Large Project Leader Research and Development Honda Asia Pacific Co Ltd.

Dia mengatakan dari segi dimensi, Honda WR-V memang masuk dalam kategori Small SUV. Dari segi dimensi Honda WR-V diketahui P x L x T adalah 4.060 mm x 1.780 x 1.608. Wheelbasenya sendiri mencapai 2.485 mm. Dimensi itu sendiri sedikit lebih besar dibandingkan Toyota Raize yang P x L X T adalah 4.030 mm x 1.710 mm x 1.635 mm.

Hanya saja Honda menurutnya berhasil melakukan rekayasa khusus sehingga mobil SUV kecil itu bisa tetap terasa nyaman, lapang, aman, dan fungsional. Rekayasa itu perlu dilakukan karena selama lima tahun studi pengembangan Honda WR-V, Honda justru melihat masyarakat Indonesia tetap membutuhkan banyak kelebihan meski mobil yang diincar berukuran lebih kecil.

“Kami membuat mobil ini untuk menjadi pemenang. Menang di desainnya yang sporty, menang di ground clearance, menang di kenyamanan, menang di performa, menang di teknologi canggih, dan menang di fitur keamanan terkini,” ujar ujar Poychat Ua Arayaporn.



Meluncur Perdana, Ini Hal-hal Besar dari SUV Kecil Honda WR-V


Yusak Billy, Business Inovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan pengembangan yang dilakukan Honda WR-V merupakan penggabungan dari model SUV yang dimiliki Honda. Misalnya kecanggihan Honda HR-V, fungsionalitas Honda BR-V, dan desain premium Honda CR-V.

“Honda WR-V menjadi pelengkap dari lini SUV yang kami miliki. Mobil ini akan jadi Wheels to Win segmen SUV,” ucap Yusak Billy.

Modal untuk menang itu memang cukup menarik. Yusak Billy mengatakan saat ini Honda WR-V merupakan Small SUV dengan kapasitas mesin terbesar yang ada di Indonesia. Mesin empat silinder 1.500 cc itu bisa mengail tenaga 121 PS dan torsi maksimal 145 Nm.

“Kenapa kami pilih mesin ini karena memang sesuai dengan kondisi jalan di Indonesia yang bervariasi. Jadi butuh mesin yang besar,” jelasnya.

Faktor pemenang lainnya adalah teknologi keamanan terkini yang tidak dimiliki oleh competitor. Honda WR-V diketahui hadir dalam tiga varian yakni Honda WR-V E CVT, Honda WR-V RS, dan Honda WR-V RS Honda Sensing.



Meluncur Perdana, Ini Hal-hal Besar dari SUV Kecil Honda WR-V


Beberapa fitur Honda SENSING yang ada di Honda WR-V di antaranya adalah Collision Mitigation Brake System, Auto-High Beam, Lane Keeping Assist System, Lead Car Departure Notification System (LCDN), Road Departure Mitigation (RDM), hingga Adaptive Cruise Control (ACC).

Untuk varian lainnya teknologi yang dihadirkan juga tak kalah menarik. Pasalnya teknologi tersebut tergolong canggih untuk kelasnya. Sebut saja Walk-Away Auto Lock yang berfungsi untuk mengunci pintu secara otomatis beberapa saat setelah pengemudi berjalan minimal 2 meter atau lebih dari mobil. Remote Engine Start yang berfungsi untuk menghidupkan mesin kendaraan dan AC secara otomatis sebelum masuk ke dalam kendaraan.

Ada juga fitur Honda LaneWatch yang memberikan pengemudi pandangan yang lebih luas dari area blind spot. Makin menarik adanya teknologi Smart Entry System untuk mempermudah masuk ke dalam kendaraan tanpa menggunakan kunci dan Auto Foldable Side Door Mirror with LED Turning Signal dimana spion dapat menutup otomatis ketika mobil terkunci.

Berbagai kecanggihan itu diharapkan Yusak Billy jadi daya tawar tinggi ketika bersaing di segmen Small SUV. Maklum menurutnya pasar Small SUV memang terus berkembang pesat. Dia mengatakan penjualan mobil tahun lalu mencapai 619.000 unit. Sebanyak 270.000 unit dicatakan oleh model SUV. “Sebanyak 30.714 unit adalah mobil-mobil small SUV. Jadi kami lihat pasar ini akan terus berkembang,” jelasnya.

Honda sendiri memasarkan Honda WR-V dengan harga Rp271,9 juta varian E CVT, Rp289,9 juta RS CVT, dan Rp309,9 juta untuk varian RS CVT Honda SENSING.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3047 seconds (0.1#10.140)