Perbandingan Motor yang Pakai ABS dan Tidak, Pahami Agar Selamat!

Kamis, 03 November 2022 - 19:40 WIB
loading...
Perbandingan Motor yang Pakai ABS dan Tidak, Pahami Agar Selamat!
Motor yang menggunakan teknologi ABS, Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Motor yang menggunakan teknologi ABS (Anti-lock Brake System) kini telah mulai banyakdigunakan dan menjadi salah satu fitur incaran para konsumen.

Dikutip dari astra-honda.com, Anti-lock Brake System atau ABS adalah sebuah sistem pengereman pada kendaraan untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan berkendara.

Sistem ABS disematkan di sepeda motor agar pada saat pengereman mendadak sepeda motor tidak selip atau ngepot ketika kondisi jalanan basah ataupun licin.

Baca juga : Selain Rem ABS, Ini Perbedaan PCX ABS dan PCX CBS

Umumnya sistem pengereman yang diterapkan pada setiap kendaraan bermotor terdiri dari dua macam, yakni pengereman terstruktur dan mendadak.

Pada dasarnya motor yang pakai ABS ini memiliki banyak keuntungan, terutama untuk sistem pengeremannya. Karena komponen rem yang telah mengusung teknologi ini diklaim lebih stabil.

Intinya perbedaan antara motor yang pakai ABS dengan yang tidak terletak pada sistem kerjanya. Dimana ABS akan menghindari roda yang akan terkunci ketika terjadi pengereman yang keras.

Sehingga ketika direm akan meminimalisir kendaraan tergelincir nantinya. Selain itu rem ini juga dinilai lebih efektif ketika menghadapi jalan menanjak, jalanan licin dan turunan.

Hal tersebut dikarenakan sistem kerja ABS melibatkan beberapa sensor di tiap rodanya yang bertugas untuk mengatur besaran tekanan rem pada masing-masing ban. Tak ayal bila beberapa motor yang telah mengusung teknologi ABS akan ditaksir lebih mahal.

Dalam suatu percobaan yang membandingkan antara motor ABS dengan yang tidak ini diunggah dalam akun Instagram @_techmech.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2843 seconds (11.252#12.26)