Superbike Aston Martin AMB 001 Pro Baru Diluncurkan di Milan

Rabu, 09 November 2022 - 06:30 WIB
loading...
Superbike Aston Martin AMB 001 Pro Baru Diluncurkan di Milan
Aston Martin bekerja sama dengan perusahaan sepeda motor legendaris Brough Superior menghadirkan superbike AMB 001 Pro di Milan, Italia. Foto/Autoexpres
A A A
MILAN - Aston Martin bekerja sama dengan perusahaan sepeda motor legendaris Brough Superior menghadirkan superbike AMB 001 Pro di Milan, Italia. Padahal Aston Martin selama ini dikenal sebagai perusahaan hypercars legendaris asal Inggris, salah satunya adalah Vulcan AMR Pro.

Ini mungkin terdengar sedikit seperti deja vu, karena Aston Martin dan Brough Superior bekerja sama pada tahun 2019 untuk superbike AMB 001. AMB 001 Pro yang baru bermaksud untuk membawa performa motor itu ke level berikutnya, dengan tenaga yang lebih besar dan tampilan baru yang berani.

Diluncurkan di Milan's EICMA Motorcycle Show, AMB 001 Pro dilengkapi dengan mesin dua silinder, 997cc dan bak mesin sepenuhnya dibuat dari billet aluminium. Dikutip dari laman autoexpress, Rabu (9/11/2022), Aston Martin mengatakan ini membantu meningkatkan kekakuan dan desain silinder baru meningkatkan pendinginan.



Seperti pada 001, ada turbocharger di dalamnya tetapi Pro memompa 25 persen lebih banyak daya - pada 225bhp. Dengan gerutuan ekstra (rasio power to weight mirip dengan mobil F1, kata Aston Martin), downforce juga ditingkatkan dengan spoiler depan dan sayap samping baru.

Cowling depan sekarang dipasang pada bodi untuk membantu menyalurkan udara ke pengendara. Bahkan ada sirip belakang dengan stabilizer aero untuk membantu koefisien drag. Aston Martin mengklaim motor barunya, yang ditawarkan hanya untuk penggunaan trek, terinspirasi oleh Valkyrie AMR Pro.
Superbike Aston Martin AMB 001 Pro Baru Diluncurkan di Milan


Aston Martin hanya menyediakan warna tunggal Verdant Jade dikombinasikan dengan serat karbon dan kapur dan cat hitam. AMB 001 dibatasi hingga 100 unit dan Pro akan lebih langka lagi dengan hanya 88 unit yang dijadwalkan untuk diproduksi di pabrik Toulouse Brough Superior.



Meskipun buku pesanan terbuka, Aston Martin belum mengatakan berapa harga untuk superbike ini. Mereka yang telah berhasil mengamankan satu unit akan mulai menerima pengiriman pertama pada akhir 2023.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2795 seconds (0.1#10.140)