Berapa Lama Ngecas Daya Aki Mobil, Ini Penjelasannya

Rabu, 16 November 2022 - 06:00 WIB
loading...
Berapa Lama Ngecas Daya Aki Mobil, Ini Penjelasannya
Aki mobil berfungsi untuk menyediakan tenaga untuk menghidupkan mesin kendaraan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Aki mobil berfungsi untuk menyediakan tenaga untuk menghidupkan mesin kendaraan. Aki mobil juga bertindak sebagai pelindung gelombang untuk komputer mobil dan memberikan daya untuk penggunaan jangka pendek seperti lampu, stereo, GPS atau wiper saat mesin mati.

Komponen aki ini harus dirawat dengan baik, salah satunya yaitu dengan mengecas aki mobil secara rutin. Tujuan dari pengecasan ini untuk mengembalikan tegangan aki seperti semula.

Dua Jenis Pengisian Aki Mobil
Ketika aki mobil sedang dicas prosesnya tidak berbeda dengan mengisi daya smartphone. Waktu pengecasan ini tergantung dengan kapasitas dari aki. Lama pengecasan aki mobil sesuai dengan kapasitas aki.

Baca juga; Ini Penyebab Aki Mobil Tidak Mengisi

Terdapat 2 jenis pengisian aki mobil yang bisa digunakan.

1. Pengisian Aki Lambat
Jenis pengisian ini dilakukan dengan menggunakan arus listrik yang sangat kecil, sehingga pengisiannya berjalan sangat lama. Tujuan pengisian lambat ini untuk menghindari masalah overheat.

Pengisian ini dilakukan saat malam hari hingga esok pagi karena durasinya yang sangat lama. Arus maksimal diberikan oleh pengisian aki lambat ini hanya 10%, dengan menggunakan pengisian lambat ini membutuhkan kurang lebih 12 jam.

Baca juga; 3 Tips Menjaga Voltase Aki Mobil Tetap Stabil

2. Pengisian Aki Cepat
Pengisian aki cepat ini memiliki arus yang lebih tinggi yaitu sekitar 40%. Tingginya arus tersebut membuat pengisian pada aki mobil akan lebih cepat. Waktu yang diperlukan dalam pengisian daya aki ini selama 3 jam.

(MG/Nabilah Rofiqoh Duri)
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1385 seconds (10.55#12.26)