Perbedaan Model Tuas Transmisi Lurus dan Zig-Zag pada Mobil Matik

Rabu, 16 November 2022 - 16:31 WIB
loading...
Perbedaan Model Tuas Transmisi Lurus dan Zig-Zag pada Mobil Matik
Terdapat sejumlah perbedaan model tuas transmisi mobil matik yang perlu diketahui. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah perbedaan model tuas transmisi mobil matik yang perlu diketahui. Biasanya, dua jenis yang paling umum ditemui adalah tuas model lurus (straight) dan model zig-zag (gate).

Seiring waktu, perkembangan mobil matik terus berlanjut dengan konsisten. Sebagian pengendara menganggap transmisi otomatis ini lebih mudah digunakan jika dibandingkan dengan transmisi manual.

Baca juga : Penyebab Transmisi Matic Tak Mau Pindah Gigi, Periksa Komponen Ini

Pada jenis mobil matik, biasanya mereka menghadirkan model tuas transmisi yang berbeda. Sebagian diberikan tuas model lurus, sementara sebagian lainnya dibekali tuas model zig-zag.

Dilansir dari laman Naijauto, berikut beberapa perbedaan model tuas transmisi mobil matik lurus dan zig-zag.

1. Karakteristiknya

Secara umum, fungsi tuas transmisi model lurus dan zig-zag adalah mengubah level gigi pada kendaraan. Namun, pada teknis kerjanya mereka memiliki sedikit perbedaan.

Pada transmisi model lurus, pengendara akan lebih mudah memindahkan gigi, bahkan tanpa melihatnya. Hal ini dikarenakan bentuknya yang memang didesain linear alias lurus.

Sementara pada tuas transmisi model zig-zag terdapat sebuah jalur yang masing-masing memiliki fungsi dan kontrol berbeda. Sehingga pengemudi tidak boleh asal memindahkan gigi tanpa aturan.

Intinya, keduanya sama-sama memiliki karakteristiknya masing-masing. Meski tampak berbeda, namun fungsinya tetap sama, yakni mengubah level gigi atau transmisi pada kendaraan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1397 seconds (10.55#12.26)