Penyebab Transmisi Matic Tak Mau Pindah Gigi, Periksa Komponen Ini

Senin, 21 Februari 2022 - 15:17 WIB
loading...
Penyebab Transmisi Matic Tak Mau Pindah Gigi, Periksa Komponen Ini
Penyebab transmisi matic tak mau pindah gigi biasanya disebabkan adanya kerusakan pada beberapa komponen ini. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Penyebab transmisi matic tak mau pindah gigi biasanya disebabkan adanya kerusakan pada beberapa komponen ini, yakni switch, lampu rem putus, atau switch rem kotor. Walau kemungkinan besar hal ini tak akan terjadi dengan perawatan rutin, ada kalanya transmisi macet menjadi kendala yang besar.

Transmisi matic kini banyak diadopsi keluaran terbaru karena mulai banyak digemari oleh masyarakat, terutama mereka yang tinggal di perkotaan karena lebih simpel digunakan.

Dengan transmisi matic, pengendara yang terjebak kemacetan juga tidak terlalu lelah menginjak pedal kopling seperti pada transmisi manual. Namun transmisi matic memang perlu lebih mendapatkan perawatan dibanding manual.

BACA: Yuk Ketahui Arti dan Angka di Perseneling Mobil Matik

Karena karena adanya kerusakan komponen, bisa jadi transmisi matic sulit untuk pindah gigi. Sebelum dibawa mobil ke bengkel, ada baiknya cermati dulu berbagai penyebab transmisi matic tak mau pindah gigi berikut ini:

1. Kendala Pada Switch

Penyebab transmisi matic tak mau pindah gigi yang pertama adalah adanya kendala pada switch sistem transmisi. Ketika kendala ini, yang bisa disebabkan oleh banyak hal, terjadi, maka tuas gigi akan tersangkut dan tak bisa dipindahkan. Meski memang bisa diakali dengan sedikit ngotot, ada baiknya masalah ini segera ditanggapi dengan serius.

2. Switch Lampu Rem Bermasalah

Penyebab transmisi matic tak mau pindah gigi yang ke-dua adalah adanya masalah pada switch lampu rem. Bila transmisi tak mau dipindah, tak ada salahnya coba injak rem; jika lampu tak menyala, maka masalah berada pada switch lampu rem yang tak ikut tertekan dan menyangkut.

BACA JUGA: 10 Hewan Terkecil di Dunia, Duh Imutnya!

3. Sekring Lampu Rem Putus
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1723 seconds (10.55#12.26)